Warga Slangit Dapat Air Bersih Dari ACT

Warga Slangit Dapat Air Bersih Dari ACT

544
0
BERBAGI
Masyarakat desa Slangit mengantri pembagian air bersih oleh ACT.

CIREBON (R) – Meski musim hujan sudah mulai turun, di berbagai wilayah di Kabupaten Cirebon. Namun di sebagian wilayah desa Slangit kecamatan Klangenan, masih kesulitan mendapat air bersih.

Saluran irigasi, masih menjadi sumber air bersih yang di manfaatkan oleh masyarakat, meskipun jaraknya jauh dari pemukiman. Itu terus dilakukan masyarakat, karena air bersih menjadi salah satu kebutuhan pokok, yang terus menerus digunakan untuk memasak dan keperluan MCK.

Melihat kondisi ini, tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) Cirebon beserta beberapa lembaga kemanusiaan di Cirebon, melakukan koordinasi dengan pemerintah desa setempat untuk menyalurkan air bersih kepada masyarakat desa Slangit, Senin (12/11/2018).

Niatan tersebut disambut baik oleh masyarakat. Warga sudah mengantri untuk mengambil air sejak pukul 09.00 WIB. Dua tangki air, segera dibagikan kepada warga Desa Slangit, yaitu Dusun 3 dan Dusun 4.

Menurut kepala dusun Yudi Wahyudi menjelaskan, bantuan ACT ini sangat diharapkan oleh masyarakat. Sepanjang musim kemarau, masyarakat Slangit sangat sulit mendapat air bersih.

“Bantuan air bersih ini sangat besar manfaatnya bagi masyarakat. Saya atas nama warga, mengucapkan banyak terimakasih kepada semua yang peduli terhadap masyarakat kami,” ungkap Yudi.

Sementara itu, Koordinator lapangan ACT Umar Rojana, menjelaskan kedatangan tim ACT, dalam rangka bantuan kemanusian. Pemberian bantuan air bersih, juga menjadi salah satu program kemanusian ACT.

“Kurang lebih baru satu bulan ACT Cirebon hadir. Pemberian bantuan air bersih ini adalah yang perdana. Tapi sebelumnya, kantor yang di Bandung sudah sering melakukan kegiatan sosial di Cirebon. Selanjutnya ACT akan memberikan bantuan air bersih di kota Cirebon,” jelasnya.

Sebanyak 300 KK yang berada di dua dusun Desa Slangit mengaku senang mendapat bantuan air bersih.

Khaeriyah (50 tahun) salah satu warga yang ditemui di lokasi, mengaku senang bisa mendapat pembagian air bersih ini. Ia mengaku, warga masih sulit mendapatkan air bersih meski hujan sudah mulai turun.

“Masyarakat yang pasti senang dapat bantuan air bersih. Inginnya tiap hari ada bantuan seperti ini,” tukasnya. (if)

Penyunting : wanto

LEAVE A REPLY

ten − one =