UPT Puskesmas Winong Gelar Tes Swab Di Desa Kempek

UPT Puskesmas Winong Gelar Tes Swab Di Desa Kempek

320
0
BERBAGI
Petugas melakukan tes Swab dengan menggunakan APD lengkap.

CIREBON (rq) – Dalam rangka upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayah kerja UPT Puskesmas Winong kecamatan Gempol Kabupaten Cirebon, mengadakan tes swab massal kepada puluhan kader posyandu dan para Kuwu serta perangkat desa di 4 desa dan para guru UKS di wilayah kecamatan Gempol, yang bertempat di kantor Desa Kempek, Jum’at (7/8/2020).

Kepala UPT Puskesmas Winong, Yuli Indriasari mengatakan, kegiatan tes swab tersebut merupakan salah satu upaya pencegahan penularan dan pencegahan munculnya klaster-klaster baru Covid-19.

“Yang kita tes ini adalah para kader-kader posyandu, guru-guru sekolah terutama guru UKS, semua kuwu beserta para istrinya dan juga untuk salah satu perangkat desa,” terangnya.

Ia juga melanjutkan, wilayah kerja UPT Puskesmas Winong terdiri dari 4 desa yang meliputi Desa Winong, Desa Kempek, Desa Cikeusal dan Desa Kedungbunder. Sementara untuk target tes swab itu sendiri di akuinya untuk 48 orang.

“Dalam hal ini, kami sudah melakukan berbagai langkah. Kami sudah melaksanakan RDT di seluruh pondok pesantren di wilayah kerja kami dan alhamdulillah hasilnya non reaktif semua. Kami juga sudah melakukan penyuluhan-penyuluhan di tiap-tiap desa melalui bidang promkes kami. Alhamdulillah ini sudah berjalan,” lanjutnya.

Pihaknya juga menghimbau kepada masyarakat, untuk senantiasa waspada, tetap menjalankan protokoler kesehatan, menerapkan pola hidup sehat dan tetap menjaga kebersihan diri dan lingkungannya masing-masing.

Sementara itu Kuwu Kempek, Urip, menyambut positif dengan adanya kegiatan tersebut. Karena menurutnya dengan adanya tes swab itu, masyarakatnya mengetahui apakah tertular Covid-19 atau tidak.

“Kami atas nama pemerintah Desa Kempek mengucapkan terimakasih kepada Puskesmas Winong atas tes swab ini. Kegiatan ini jelas dapat memberikan informasi kepada masyarakat apakah tertular atau tidak. Hal ini juga bisa menjadi pelengkap dokumen kepada masyarakat bila ingin berpergian keluar Desa Kempek,” jelasnya.

Kuwu juga menambahkan, untuk kegiatan tersebut tidak hanya dirinya dan para kader posyandunya saja, tetapi ada beberapa desa lain di luar desa Kempek, yang menjadi wilayah kerja UPT Puskesmas Winong.

“Kami hanya ketempatan saja. Selain kami, ada dari desa-desa yang memang merupakan wilayah kerja UPT Puskesmas Winong. Untuk desa kami sendiri ada delapan orang yang di tes. Termasuk saya pribadi. Untuk hasilnya sendiri, mudah-mudahan tiga hari kedepan bisa disampaikan kepada kami,” tambahnya.

Ditegaskan kuwu, sampai saat ini masyarakatnya belum ada yang terindikasi Covid-19. Maka dari itu pihaknya menginginkan masyarakatnya dapat senantiasa menerapkan protokoler kesehatan, serta menjaga kebersihan lingkungannya.

“Mudah-mudahan tidak ada Covid-19 disini. Kami sangat berharap, masyarakat dapat menjaga lingkungannya dengan baik dan terus menerapkan protokoler kesehatan, agar desa kami ini dapat terhindar bahaya Covid-19 ini,” pungkasnya. (ta)

LEAVE A REPLY

five × 2 =