Unswagati Teliti Mesin Reactor Sampah Milik Siswanto

Unswagati Teliti Mesin Reactor Sampah Milik Siswanto

1016
0
BERBAGI
Siswanto Hartoyo pencipta mesin pengolah sampah (tengah) berfoto bersama perwakilan akademisi Unswagati Cirebon.

CIREBON (R) – Rombongan Fakultas Teknik dan Fakultas Pertanian Universitas Swadaya Gunung Jati (UNSWAGATI) Cirebon melakukan kunjungan dan penelitian mesin pengolah sampah milik Siswanto di desa Megu Gede Kecamatan Weru Kabupaten Cirebon, Sabtu (22/9/2018).

Dalam kunjungannya, para peneliti melihat dan mengamati cara kerja mesin pengolah sampah tersebut dan mengambil beberapa sampel sisa pembakaran untuk dilakukan penelitian lebih lanjut.

Ketua rombongan Fakultas Teknik dan Fakultas Pertanian Unswagati Cirebon, Ida Setia Wahyu Atmaja mengatakan, kegiatan tersebut dalam upaya koordinasi penanganan masalah sampah dan pengembangan teknologi mesin insenerator pengolah sampah.

“Sampah merupakan permasalahan yang sedang dihadapi kabupaten dan kota Cirebon saat ini. Sehingga kami perlu berkoordinasi, dalam upaya penanganannya sehingga ada solusi untuk memecahkannya,” terangnya.

Ia menambahkan, dari beberapa sampel yang diambil, akan dijadikan bahan penelitian untuk mengetahui segala unsur yang terkandung pada hasil sisa pembakaran sampah, dari mesin yang diciptakan oleh Pak Siswanto Hartoyo.

“Sampel yang kami ambil kemungkinan mengandung bahan-bahan yang sebetulnya bisa menyuburkan tanaman. Ini akan kami uji coba pada tanaman cabe dan caisim yang berumur pendek,” tambahnya.

Sementara itu sang pembuat mesin incenerator sampah, Siswanto Hartoyo mengatakan, pihaknya menyambut positif terkait penelitian tersebut. Diharapkan melalui penelitian tim Unswagati Cirebon, dapat membangun sinergitas yang baik dengan akademisi.

“Saya sangat gembira. Ini suatu penggambaran bentuk sinergitas dunia akademisi, dalam penanggulangan masalah sampah,” terangnya.

Dirinya juga berharap, dengan kunjungan tersebut mampu memperjelas bahwa mesin ciptaannya tepat guna dan bermanfaat bagi masyarakat banyak.

“Tidak hanya ekonomis, mesin ini sangat tepat guna untuk memecahkan masalah sampah. Karena sistem kerjanya sangat praktis dan efisien,” pungkasnya. (if/bah)

Penyunting : wanto

LEAVE A REPLY

1 × five =