Tangan Dingin H. Supyani Lahirkan Banyak Inovasi

Tangan Dingin H. Supyani Lahirkan Banyak Inovasi

302
0
BERBAGI
H. Supyani saat menerima penghargaan dari bupati Cirebon, Drs. H. Imron mewakili SMPN 1 Dukupuntang sebagai salah satu sekolah berprestasi di Kabupaten Cirebon.

CIREBON (R) – Sosok H. Supyani dalam memimpin SMPN 1 Dukupuntang, mendapatkan apresiasi dari keluarga besar SMPN 1 Dukupuntang. Mereka menilai, sejak kepemimpinan H. Supyani sekolah banyak mendapatkan prestasi.

Bahkan di akhir tahun 2019 kemarin, SMPN 1 Dukupuntang berhasil menyabet penghargaan adiwiyata nasional, dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI, yang bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan. Penghargaan tersebut diberikan secara khusus kepada pihak yang telah berhasil menerapkan kesadaran berbudaya dan kepedulian terhadap lingkungan.

Sukses memajukan SMPN 1 Dukupuntang, H. Supyani kini mendapat tantangan baru. Di awal tahun 2020, ia dipercaya untuk lebih memajukan dan mengembangkan SMPN 1 Weru sebagai Kepala Sekolah yang baru, menggantikan Drs. Syarif Saleh kepala sekolah yang lama.

Usai acara pisah sambut Kepala Sekolah SMPN 1 Weru beberapa waktu lalu H. Supyani mengatakan, awal ia menjabat Kepala SMPN 1 Dukupuntang pada tahun 2015. Saat itu dirinya langsung berbenah dan menginvertarisir apa – apa yang menjadi kekurangan, menjadi unggulan, serta menyiapkan rencana – rencana untuk memenuhi kekurangan tersebut.

“Alhamdulillah dari perencanaan dan program yang kami jalankan pada tahun 2016, kami mendapatkan predikat sekolah model, kemudian 2017 masuk ke Provinsi untuk sekolah sehat. Namun belum mendapatkan juara di tingkat Provinsi Jawa Barat. Kemudian di tahun yang sama, kami mendapatkan SK sekolah model terbaik di Kabupaten Cirebon,” terangnya.

H. Supyani juga mengatakan, pada akhir tahun 2018, pihaknya juga mendapatkan SK sebagai sekolah rujukan di Kabupaten Cirebon. Dan di tahun 2019, SMPN 1 Dukupuntang juga mendapatkan penghargaan adiwiyata nasional serta masuk dalam 5 besar sekolah sehat tingkat Provinsi Jawa Barat.

“Untuk sekolah sehat sendiri, kami tinggal menunggu pengumuman. Apakah kita dapat peringkat satu atau peringkat lainnya. Ada lima peringkat. Itu jelas membanggakan bagi kami. Terutama untuk sekolah rujukan. Artinya sekolah – sekolah akan melihat perkembangan SMPN 1 Dukupuntang pengelolaannya bagaimana. Sehingga prestasi – prestasi dapat diraih seperti saat ini,” paparnya.

Selain prestasi tersebut, H. Supyani juga mendapatkan prestasi di bidang manajemen pengelolaan kepegawaian BKPSDM award tahun 2019 sebagai juara 2 dan pengelolaan perpustakaan tingkat Kabupaten Cirebon mendapatkan juara 2.

“Untuk prestasi kepala sekolahnya sendiri, alhamdulillah mendapatkan predikat kepala sekolah berprestasi dan berdikasi di Kabupaten Cirebon. Namun ditingkat provinsi, masih di peringkat ke enam. Sementara untuk gurunya sendiri, ada yang mendapatkan penghargaan guru berprestasi tingkat Kabupaten Cirebon,” lanjutnya.

H. Supyani membocorkan sedikit rahasianya dalam melahirkan inovasi di dunia pendidikan. Ia mengatakan, kunci keberhasilan yang diraihnya merupakan buah dari sebuah metode kerja, yaitu kerja sama, sama-sama kerja dan kerja nyata. Sehingga saling mengisi satu sama lainnya dan beban kerja sendiri pun menjadi ringan.

“Semuanya harus kerja, tidak boleh ada yang tidak kerja. Sehingga beban itu menjadi ringan, kalau dikerjakan bersama – sama. Adanya saling keterbukaan juga sangat penting artinya tidak ada dusta diantara kita. Juga memiliki motto, mantapku sehati, beriman dan bertaqwa, peduli lingkungan, sehat dan berbudi pekerti,” jelasnya.

Sementara itu, Teguh Riswanto selaku Wakasek Kesiswaan SMPN 1 Dukupuntang mengatakan, ia merasa kehilangan dengan pindah tugasnya H. Supyani. Ia juga menyadari, bahwa rotasi dan mutasi jabatan merupakan sesuatu yang biasa terjadi dalam pemerintahan.

“Ibarat filosofi air, beliau itu air yang bening. Sehingga mau ditempatkan dimanapun akan tetap memberikan kesegaran. Semoga di tempat yang baru ini, dapat bekerja dengan baik dan mampu menorehkan prestasi – prestasi, melebihi apa yang diraih oleh SMPN 1 Dukupuntang,” pungkasnya. (ta)

LEAVE A REPLY

one × one =