Soal Sampah, Dandim Pesan Semua Harus Sadar

Soal Sampah, Dandim Pesan Semua Harus Sadar

536
0
BERBAGI

Cirebon (R) – Dalam rangka peringatan Hari Peduli Sampah Nasional, Komandan Kodim (Dandim, red) 0620 Kabupaten Cirebon Letkol Inf. Irwan Budiana berpesan kepada semua lapisan masyarakat, khususnya di Kabupaten Cirebon, untuk sadar akan pentingnya pelestarian lingkungan.

Menurutnya, masalah lingkungan adalah tanggung jawab semua pihak. Karena semua lapisan masyarakat, mulai dari rumah tangga, pedagang, perusahaan, sampai dengan pemerintahan, ikut menyumbang terhadap kerusakan lingkungan.

“Disadari atau tidak, kita yang hidup terus menerus melakukan pengerusakan terhadap lingkungan. Karena pada dasarnya, apa yang kita makan dan yang kita gunakan sehari – hari, semuanya berasal dari alam,” katanya, Rabu (21/2).

Dandim menjelaskan, hal yang paling sederhana dan berdampak buruk bagi lingkungan, salah satunya adalah sampah. Karena menurutnya sampah menjadi sumber permasalahan yang sampai saat ini masih belum terpecahkan.

“Sampah itu setiap hari selalu ada, karena semua yang dimakan menggunakan kemasan. Ada yang pakai daun, kertas bahkan plastik. Yang tidak bisa dimakan, pasti di buang dan itu adalah sampah,” terangnya.

Ditambahkan Dandim, sampah bekas makanan adalah salah satu penyumbang angka terbesar, sampah yang dihasilkan oleh masyarakat. Belum lagi sampah yang berasal dari barang – barang bekas dan yang sudah tidak terpakai, itu semua pasti di buang ke tempat sampah.

“Setiap hari sampah itu jumlahnya selalu bertambah, tidak pernah berkurang. Ini yang menjadi permasalahan. Seharusnya kita mulai sadar. Sampah walaupun di buang ke tempatnya tetap saja menjadi masalah. Apalagi tidak di buang ke tempatnya, justru malah menambah masalah,” jelas Dandim.

Dikatakan Dandim, banyak contoh buruk yang timbul akibat masalah sampah. Jika terus ditumpuk, pasti akan menjadi masalah besar. Karena tidak semua jenis sampah bisa terurai secara alami.

“Sampah itu kelihatannya sepele, tapi bahayanya luar biasa. Apalagi jika dibuangnya sembarangan, bisa menjadi salah satu penyebab banjir. Seperti sekarang ini, sampah ikut hanyut dalam hujan dan menyumbat saluran air, sehingga bisa menyebabkan banjir,” imbuhnya.

Dandim mengharapkan, masyarakat harus mulai merubah pola membuang sampah, di mulai dari hal yang paling mudah dan sederhana yaitu memilah sampah.

“Anggota Kodim juga sudah saya intruksikan seperti itu. Jaga lingkungan, jaga kebersihan. Membuang sampah harus dipilah terlebih dahulu. Kita bantu sukseskan program pemerintah. Kita bantu penghijauan dan pelestarian lingkungan, ” pungkas Dandim. (Isno)

LEAVE A REPLY

one × two =