SMPN 1 Weru Pisah Sambut Kepala Sekolah Baru

SMPN 1 Weru Pisah Sambut Kepala Sekolah Baru

410
0
BERBAGI
H. Supyani, Kepala SMPN 1 Weru yang baru, berfoto bersama para staf dan guru di SMPN 1 Weru.

CIREBON (R) – SMPN 1 Weru kecamatan Weru Kabupaten Cirebon, menggelar acara pisah sambut kepala sekolah SMPN 1 Weru, dari Drs. Syarif Saleh, kepada H. Supyani, S.Pd., M.Or, yang sebelumnya menjabat kepala sekolah SMPN 1 Dukupuntang. Sedangkan Syarif Saleh sendiri, menjadi Kepala Sekolah SMPN 1 Klangenan, Sabtu (18/1/2020).

Dalam kegiatan tersebut, kepala sekolah SMPN 1 Weru yang baru, beserta rombongan, disambut upacara selamat datang dari puluhan murid, serta penampilan pembacaan ayat suci Al – Qur’an, penampilan hadroh dan tausiah, serta pemberian kenang – kenangan sebagai tanda terimakasih, dari perwakilan murid dan guru, kepada kepala sekolah SMPN 1 Weru yang lama.

Mantan kepala sekolah SMP N 1 Weru Drs. Syarif Saleh usai acara mengatakan, kegiatan pisah sambut merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setelah adanya rotasi dan mutasi pegawai. Namun menurutnya, ada faedah dan manfaatnya yang dibisa diambil dari kegiatan pisah sambut tersebut.

“Manfaatnya bisa saling tukar informasi, agar kepala sekolah yang baru bisa melanjutkan program – program apa saja, yang belum tercapai oleh kepala sekolah yang lama. Sementara terkait informasi tentang sekolah, kepala sekolah yang lama bisa menginformasikan kepada kepala sekolah yang baru,” terangnya.

Ia juga melanjutkan, secara kedinasan pisah sambut itu mentuntaskan semua hak dan kewajiban yang telah menjadi kewajiban. Agar saat menempati sekolah yang baru tidak ada persoalan yang belum tuntas.

“Jadi disini kita harus clearkan semua. Apalagi pemerintah melakukan verifikasi terkait hal keuangan. Itu semua harus clear. Dan baru setelah itu dilaksanakan jumpa pisah, baik dengan anak – anak maupun keluarga sekolah. Jadi kesannya, datang menampakkan muka, pulang kelihatan punggung. Itu adalah sebuah budaya yang sangat bagus dan harus terus diterapkan,” terangnya.

Sementara itu, H. Supyani, kepala sekolah SMPN 1 Weru yang baru mengucapkan terima kasih, atas sambutan yang diberikan keluarga sekolah SMPN 1 Weru. Dirinya akan berupaya semaksimal mungkin untuk bekerja dengan baik, dengan menjalankan motto kerjanya yaitu kerjasama, sama – sama kerja dan kerja nyata.

“Kita umpamakan filosofi kerja yang nanti akan saya terapkan adalah filosofi tikar, yang artinya, ibarat sifat tikar itu digelar ya bersama – sama dan digulung juga bersama – sama. Itukan artinya sangat luas. Sehingga yang kita bangun adalah kebersamaan diantara keluarga sekolah, untuk membangun sekolah. Jika saya sendirian tidak mungkin bisa mengelola sekolah yang sudah sangat luar biasa ini,” terangnya.

H. Supyani juga menilai sekolah SMPN 1 Weru ini, merupakan sekolah yang sangat luar biasa, baik dari segi prestasi maupun yang lainnya. Namun menurutnya, ada beberapa hal yang belum tersentuh yaitu dari segi lingkungannya.

“Anak – anaknya sudah bagus, prestasi juga sudah bagus, apalagi kalau ditambah lingkungan yang nyaman untuk belajar, insyallah ini akan berimbas kepada prestasi yang lebih baik lagi. Saya serta teman – teman sudah berkomitmen, intinya komitmen itu tidak ada dusta diantara kita,” tambahnya.

Ia juga berpesan, untuk keluarga sekolah SMPN 1 Dukupuntang, untuk menjaga kekompakan dan kesolidan tim kerja, untuk terus dipertahankan. Karena menurutnya, siapapun kepala sekolahnya, tim tersebut akan mampu bekerja dengan baik.

“Di sana saya membangun, bukan karena perseorangan, tetapi karena tim. Jadi tim ini sudah bagus dan harus dipertahankan. Saya juga berpesan kepada kepala sekolah yang baru, saya bekerja membuat trobosan bersama dengan tim. Tim ini sudah solid dan sudah bekerja dengan baik. Insyaallah siapapun pemimpinnya, tim ini tetap bisa memberikan yang terbaik. Terkait urusan financial maupun reward bagi sekolah, insyallah akan mengikuti seiring dengan prestasi yang diraih,” pungkasnya. (ta)

LEAVE A REPLY

14 − 8 =