Cara “Gila” Siswanto Bangun Desa Sutawinangun

Cara “Gila” Siswanto Bangun Desa Sutawinangun

1755
0
BERBAGI
Siswanto Hartoyo putra asli desa Sutawinangun, yang giat membangun desa untuk kemajuan dan kemandirian secara ekonomi bagi masyarakat Sutawinangun Kecamatan Kedawung Kabupaten Cirebon.

CIREBON (R) – Kalau tidak “gila” bukan Siswanto namanya. Istilah itu sekarang melekat bagi masyarakat desa Sutawinangun. Salah satu putra terbaik kelahiran Sutawinangun itu, memang dikenal mempunyai banyak inovasi dalam membangun dan memajukan desa kelahirannya.

Penemu mesin pengelola sampah ini, juga memiliki kepedulian yang sangat tinggi. Salah satunya adalah mencegah kenakalan remaja dan juga peredaran narkoba di kalangan pemuda desa Sutawinangun. Untuk mewujudkan itu, Siswanto Hartoyo beserta masyarakat memperbaiki beberapa sarana olahraga di lingkungan desa Sutawinangun, yang selama ini terbengkalai.

Siswanto Hartoyo yang juga sebagai Ketua DPD GMPK Cirebon kepada Republiqu mengatakan, ia prihatin dengan kondisi beberapa sarana olahraga yang berada di desanya. Banyak yang kondisinya tak terawat, bahkan terkesan terbengkalai dan tidak terlihat sebagai sarana olahraga.

“Kami prihatin dengan kondisi lapangan sepak bola yang ada di sini. Selain tidak terawat, kondisinya juga sudah tidak karuan. Sehingga saya dan kawan – kawan berinisiatif untuk memperbaikinya dan mengembalikan funsinya sebagai ruang terbuka dan sarana bermain sepak bola,” terangnya, Sabtu (14/9/2019).

Siswanto juga memaparkan, selain mengembalikan fungsi lapangan desa seperti semula sebagai sarana olahraga, ia juga berharap dapat menekan angka kenakalan remaja dan juga mampu menangkal peredaran narkoba di wilayahnya.

“Setelah kemarin sukses menggelar tournamen sepak bola usia 13 – 16 tahun, dalam waktu dekat, kami juga akan menggelar event yang sama. Namun kali ini tidak dibatasi usia, asalkan mereka warga Sutawinangun mereka berhak perpartisipasi. Sedangkan untuk hadiahnya dan keperluan yang lain, itu anggarannya berasal dari uang pribadi dan juga bantuan dari kawan – kawan serta masyarakat Sutawinangun. Sehingga ini adalah hajatnya masyarakat,” terangnya.

Ia juga menambahkan, selain memperbaiki sarana olahraga, ia juga memberikan sosialisasi hukum kepada masyarakat. Memberikan sosialisasi kewirausawan dan juga membantu masyarakat terkait pelayanan data kependudukan.

“Kami juga seringkali membantu masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di rumah sakit, dari mengantar, mendaftarkan bahkan menjemput mereka saat mau pulang dari rumah sakit. Semoga apa yang kami lakukan dapat bermanfaat untuk masyarakat, sehingga Sutawinangun kedepan lebih baik,” pungkasnya. (ta)

LEAVE A REPLY

one × one =