SDN 2 Arjawinangun Bekali Siswa Wawasan Pancasila

SDN 2 Arjawinangun Bekali Siswa Wawasan Pancasila

654
0
BERBAGI

CIREBON (R) – Di momen hari Kesaktian Pancasila, sangat diperlukan kesadaran sebagai bentuk penghargaan atas perjuangan pahlawan. Khususnya mereka yang mempertahankan ideologi Pancasila, dari bahaya laten komunis.

Di era digital dan informasi yang cepat seperti sekarang ini, sangat diperlukan adanya penanaman karakter yang bermoral agamis, bertanggung jawab, serta mampu menumbuhkan cinta tanah air dan bangsa, dimulai dari usia dini.

Kepala SDN 2 Arjawinangun kecamatan Arjawinangun kabupaten Cirebon, Hj Masrini mengatakan, dalam momen peringatan kesaktian Pancasila tersebut, merupakan salah satu momen pendidikan terkait kecintaan Pancasila dan kebhinekaan tunggal Ika, Selasa (2/10/2018).

“Dalam hal ini, kami selaku pendidik tidak henti-hentinya mencoba menanamkan nilai moral-moral kesantunan, yang di dalamnya terdapat nilai-nilai kecintaan tanah air, serta pedoman Pancasila,” ungkapnya.

Masrini menambahkan, pendidikan pembentukan karakter yang ditanamkan dari mulai usia dini, membutuhkan peran serta dari berbagai pihak. Salah satunya adalah peran serta keluarga dan lingkungan setempat.

“Bukan hanya sekolah yang mempunyai tanggung jawab, dalam pendidikan karakter. Tetapi juga peran serta orang tua dan lingkungan sekitar, merupakan salah satu yang dominan, dalam membentuk karakter seseorang,” terangnya.

Ia juga menuturkan, keberhasilan pendidikan karakter dapat memunculkan berbagai prestasi, baik akademik maupun non akademik. Sarana prasarana yang baik juga menunjang pendidikannya.

“Jika semuanya berjalan dengan baik, tidak hanya prestasi yang mampu di capai, tetapi akan membentuk generasi-generasi yang berkarakter. Maka kami sangat membutuhkan adanya sarana prasarana yang baik, dalam menunjang pendidikan yang ada disini,” paparnya.

Pihaknya berharap, kedepan sekolahnya mampu mendapatkan bantuan sarana prasarana. Tidak hanya itu, adanya rehab ruangan kelas sangat perlu karena dinilai sudah mulai mengalami kelapukan. Sehingga situasi belajar mengajar tercipta suasana yang nyaman. (If/ta)

Penyunting : wanto

LEAVE A REPLY

12 − 1 =