Sabtu Besok, Bantuan Ayam Kementan Mulai Dibagikan Ke RTM

Sabtu Besok, Bantuan Ayam Kementan Mulai Dibagikan Ke RTM

587
0
BERBAGI
Rapat persiapan penyaluran bantuan ayam dari Kementan RI, bertempat di aula Kantor Dinas Ketahanan Pangan Kab. Cirebon

CIREBON (R) – Terkait program pembagian bantuan ayam untuk Rumah Tangga Miskin (RTM) dari Kementerian Pertanian RI, pemkab Cirebon melalui Dinas Ketahanan Pangan, menggelar rapat koordinasi persiapan langkah kerja pembagian ayam bagi RTM, Jum’at (16/11/2018).

Kepala Dinas Ketahanan Pangan kabupaten Cirebon, H. Muhidin mengatakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu langkah kerja Dinas Ketahanan Pangan, dalam prsiapan pembagian bantuan ayam untuk 4.788 RTM di Kabupaten Cirebon.

“Ini adalah bentuk persiapan kerja untuk pelaksanaan pembagian ayam. Karena bila tidak di tata atau di rapatkan, kami khawatir akan terjadi kesemrawutan di lapangan. Karena melibatkan banyak RTM,” katanya kepada awak media.

H. Muhidin menjelaskan, pembagian ayam tersebut akan di mulai pada hari Sabtu, 17 Nopember 2018. Dilaksanakan di 3 desa di kecamatan Gempol.

“Mulai besok dan seterusnya ayam akan dibagikan. Sedangkan untuk besok, Sabtu kita akan bagikan di desa Palimanan Barat, desa Kempek dan desa Kedungbunder kecamatan Gempol. Adapun jumlah ayamnya, sebanyak 50 ekor untuk masing -masing RTM,” jelasnya.

Diterangkannya, untuk pembagian penerima program tersebut, berdasarkan data dari Dinas Sosial, yang mengetahui jumlah RTM di 4 kecamatan sebagai penerima bantuan ternak ayam tersebut.

“Di kabupaten Cirebon, program bantuan ini akan dibagikan untuk kecamatan Babakan, kecamatan Mundu, kecamatan Astanajapura dan kecamatan Gempol yang keseluruhan jumlah RTMnya, setelah di verifikasi sebanyak 4.788 RTM,” terangnya.

Senada dengan H. Muhidin, Kepala Sub Bidang PDHP Kementrian Pertanian RI, Sanuki Pratikno mengatakan, program bantuan tersebut, merupakan salah satu program Kementerian Pertanian, yang tengah dijalankan, dalam upaya pemenuhan gizi masyarakat dan peningkatan ekonomi kemasyarakatan.

“Kami yakin, program ini mampu berjalan dengan baik. Pasalnya, program ini untuk Jawa Barat. Tidak hanya Kabupaten Cirebon. Ada Indramayu, Tasikmalaya, Garut dan Cianjur. Mudah – mudahan masyarakat bisa tertib,” jelasnya.

Pihaknya berharap, dengan adanya bantuan tersebut, masyarakat dapat memanfaatkan dan memeliharanya dengan baik. Harapannya agar bantuan tersebut dapat menjadi solusi pemenuhan gizi dan peningkatan ekonomi masyarakat miskin yang ada di Kabupaten Cirebon. (ta)

Penyunting : wanto

LEAVE A REPLY

18 − 15 =