Refleksi Hari Pahlawan, GM FKPPI Kota Cirebon Gandeng Lintas Komunitas

Refleksi Hari Pahlawan, GM FKPPI Kota Cirebon Gandeng Lintas Komunitas

613
0
BERBAGI
GM FKPPI Kota Cirebon beserta lintas komunitas pada acara peringatan Hari Pahlawan Nasional 10 November 2021.

CIRKOT (rq) – Dalam rangka memperingati hari pahlawan 10 November 2021, GM FKPPI bersama lintas Komunitas yang ada disekitar Cirebon, mengadakan Giat Refleksi Hari Pahlawan dengan Tema Pahlawanku Inspirasiku, Kamis (11/11) sore.

Lintas komunitas yang terdiri dari para Budayawan Sejarah, Ormas Macan Ali, Eks Trimatra Nusantara, ACT, Pemuda Katholik, Perwakilan Gereja dan Attaqwa Centre Kota Cirebon serta tamu undangan lainnya, hadir dalam acara tersebut.

Berbagai acara juga digelar seperti, Fashion Show pakaian juang, tari topeng, atraksi debus, musikali puisi, doa dan santunan yang diselenggarakan bertempat di Gedung Negara.

Kegiatan tersebut selain dihadiri oleh para penggiat sosial, juga turut hadir Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Kota Cirebon Fitria Pamungkaswati, termasuk para masyarakat dari kalangan bawah yang berprofesi sebagai tukang ojek daring, tukang becak dan pedagang.

Dalam sambutannya, Fitria Pamungkaswati mengatakan, pihaknya mengapresiasi kegiatan ini sebab dapat memupuk rasa nasionalisme yang diwariskan para pendahulu yang dapat di implementasikan dalam mengisi pembangunan sesuai bidang kemampuannya masing-masing.

“Saya secara pribadi mengapresiasi acara ini, sebab bentuk penghormatan kita sebagai generasi muda terhadap para pejuang terhadulu. Semangat juang mereka dapat menginspirasi kita untuk mengisi pembangunan melalui bidang masing-masing,” ujar Fitria.

Fitria menambahkan, kegiatan ini dapat menambah rasa empati terhadap sesama karena disertai memberikan bantuan sosial langsung berupa sembako kepada orang-orang yang membutuhkan.

Sementara itu ditempat terpisah Dani Djaelani, Ketua GM FKPPI Kota Cirebon mengatakan, pihaknya mengapresiasi kegiatan ini serta mengucapkan terimakasih kepada semua pihak Lintas komunitas seperti Macan Ali, Eks Trimatra Nusantara, ACT, Pemuda Katholik dan Forum Lintas Agama yang turut serta dalam acara Refleksi hari pahlawan tahun ini.

Ia berharap melalui kegiatan tersebut serta adanya pemberian bantuan sosial, dapat menjadi inspirasi bagi generasi mendatang dalam menjunjung tinggi nilai-nilai semangat perjuangan pejuang terdahulu, yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari termasuk dalam mengisi pembangunan.

“Terimakasih kepada semua pihak yang telah berkolaborasi seperti para Budayawan Sejarah, Ormas Macan Ali, Eks Trimatra Nusantara, ACT, Pemuda Katholik, Perwakilan Gereja dan Attaqwa Centre Kota Cirebon serta tamu undangan lainnya yang sudah hadir,”ujar Dani disela acara.

Dani juga menambahkan, tema pahlawanku inspirasiku dalam kontek kekenian itu dapat terlihat dikeseharian kehidupan masyarakat kita, seperti tukang becak, tukang ojek daring, supir angkot atau profesi lainnya.

“Mereka mencari nafkah halal demi keluarga mereka. Tidak mekakukan hal-hal yang tidak diinginkan dan tanpa harus melakukan korupsi seperti oknum pejabat. Sejatinya para koruptor itu, bercermin pada kehidupan mereka yang telah memberikan inspirasi ke kita,” ujar Dani pria yang aktif dalam kegiatan sosial ini.

Lebih lanjut Dani berharap, agar kegiatan ini menjadi contoh bagi semua kalangan agar terus berupaya memberikan kontribusi positif kepada masyarakat terutama hal sosial tanpa harus mempunyai uang atau harta yg banyak, namun yang terpenting adalah itikad baik, mesti kita hanya memiliki sedikit sumbangan untuk mereka.

“Harapan kedepan, ini menjadi contoh kita semua bahwa sedikit apapun bantuan yang kita berikan, berarti untuk saudara-saudara disekitarnya. Jadi tidak perlu biaya besar atau kegiatan besar, tetapi dengan kita peduli terhadap keluarga, lingkungan dan masyarakat sekitarnya, menjadi harapan inspirasi bahwa masyarakat tetap bersatu padu untuk menyatukan Negara Kesatuan Republik Indonesia”, pungkas Dani yang tercatat sebagai pejabat dilingkungan Pelabuhan Cirebon ini. (Bm)

- Advertisement -