Puskesmas Lurah Kedatangan Tim Penilai Akreditasi Kemenkes RI

Puskesmas Lurah Kedatangan Tim Penilai Akreditasi Kemenkes RI

1093
0
BERBAGI
Kondisi fisik bangunan puskesmas Lurah Kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon.

CIREBON (R) – Tim Surveyor Akreditasi Puskesmas Kementerian Kesehatan RI, melakukan kunjungan ke Puskesmas Lurah kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon, dalam rangka peningkatan mutu pelayanan kesehatan terhadap masyarakat, dimulai dari tanggal 29 November sampai dengan 1 Desember 2018.

Kepala Puskesmas Lurah, H. Amro mengatakan, berbagai persiapan telah dilakukan pihak puskesmas, untuk menuju predikat akreditasi. Tahapan survey tersebut, merupakan puncak dari segala proses menuju akreditasi.

“Ada tiga hal yang menjadi dasar survey yaitu, standar administrasi dan manejemen, standar program dan yang terakhir adalah standar pelayanan,” terangnya.

Amro juga menambahkan, dari berbagai standar survey tersebut, pihaknya sudah berupaya melaksanakan semuanya, sesuai standar akreditasi dari Kementerian Kesehatan RI.

“Mudah – mudahan semua sesuai standar dari yang sudah ditentukan. Sehingga predikat akreditasi dapat kami raih. Ada hal yang membuat kami bangga yaitu pengakuan positif dari mereka mengenai puskesmas Lurah,” tambahnya.

Terkait akreditasi tersebut, pihaknya menilai bahwa itu bukan hanya semata -mata sebuah keharusan, akan tetapi merupakan sebuah tanggung jawab.

“Ini merupakan lebih ke bentuk tanggung jawab kami, dalam memberikan pelayanan yang bermutu, bertanggung jawab dan merata, kepada seluruh masyarakat. Predikat Akreditasi memang salah satu tujuan, akan tetapi yang paling penting adalah peningkatan mutu pelayanan itu sendiri,” pungkasnya.

Kuwu desa Pamijahan, Supono mengatakan, pihaknya mengapresiasi terkait survey akreditasi puskesmas Lurah. Terlebih lagi salah satu posyandunya, dijadikan tempat survey tim surveyor akreditasi dari Kementerian Kesehatan RI.

“Kami anggap merupakan sebuah kemajuan bagi kami. Apalagi salah satu posyandu di desa kami lolos, untuk dijadikan bahan survei akreditasi puskesmas Lurah. Ini juga bentuk keberhasilan kami dalam membangun sinergitas lintas sektoral antara pemeintah desa dengan puskesmas Lurah,” ungkapnya.

Sementara itu, camat Plumbon, Muhamad Fery Afrudin mengatakan, dengan adanya survey akreditasi puskesmas Lurah, pihaknya menyambut dengan positif kegiatan tersebut. Ia juga akan terus memberikan dukungan sepenuhnya, agar puskesmas Lurah mampu lolos dan mendapatkan predikat akreditasi.

“Kami selaku pemerintah kecamatan, sangat mengapresiasi dengan adanya survey ini. Kami juga berharap, puskesmas Lurah juga mampu meraih predikat akreditasi seperti yang dicapai puskesmas Plumbon. Mudah -mudahan dengan predikat tersebut, mampu meningkatkan mutu pelayanan terhadap masyarakat kecamatan Plumbon di bidang kesehatan,” pungkasnya. (ta)

Penyunting : wanto

LEAVE A REPLY

15 − 7 =