Puskesmas Astapada Sambut Kedatangan Tim Kemenkes RI

Puskesmas Astapada Sambut Kedatangan Tim Kemenkes RI

609
0
BERBAGI
Tim Kemenkes RI berswafoto bersama Kadinkes Kabupaten Cirebon, Kapolsek Kedawung dan sejumlah pejabat pemerintahan lainnya

CIREBON (R) – Puskesmas Astapada Kecamatan Tengahtani Kabupaten Cirebon, mendapat kunjungan dari Tim Surveyor Akreditasi Puskesmas dari Kementerian Kesehatan RI, Sabtu (1/12/2018).

Dalam kunjungan tersebut, tim surveyor bersama Dinas Kesehatan dan jajaran puskesmas Astapada, secara simbolik menanam pohon mangga sebagai bentuk kenang – kenangan dan juga simbol sebuah perubahan.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Puskesmas Astapada Uut Teguh Sabara mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi kedatangan tim Kemenkes RI. Dengan dinilainya puskesmas Astapada, merupakan puncak proses persiapan menuju akreditasi puskesmas Astapada.

“Alhamdulillah semua proses dan persiapan menuju Akreditasi telah rampung dilaksanakan. Sudah jauh hari kami mempersiapkan. Penilaian ini adalah puncak dari segala proses. Tinggal kita tunggu hasilnya seperti apa. Mudah – mudahan yang terbaik untuk kita,” ungkapnya kepada Republiqu, Selasa (4/12/2018).

Mengenai penanaman pohon mangga, menurutnya merupakan bentuk kenang -kenangan atas kunjungan tim Kemenkes RI dan juga bentuk simbol perubahan dalam tampilan dan pelayanan puskesmas Astapada.

“Penanaman Pohon mangga ini merupakan simbol perubahan agar lebih baik. Di ibaratkan pohon, akarnya itu adalah mutu pelayanan. Semakin baik mutu pelayanan maka puskesmas akan mampu tumbuh lebih maju. Sedangkan buahnya adalah kepuasan masyarakat atas pelayanan kami. Adapun predikat atau penghargaan adalah bonus atas jerih payah kerja kami selama ini,” jelasnya.

Ia mengakui dengan adanya Akreditasi tersebut, puskesmas banyak mengalami perubahan yang sangat signifikan. Baik dari segi penampilan, sarana prasarana maupun pelayanannya.

“Akreditasi merupakan sebuah tujuan bagi kami. Tapi yang paling penting adalah peningkatan mutu pelayanan, agar masyarakat bisa merasakan kenyamanan dan kepuasan atas pelayanan kesehatan di puskesmas Astapada,” tambahnya.

Pihaknya berharap, dengan kegiatan Akreditasi tersebut, puskesmas dapat terus melakukan perubahan dalam memberikan pelayanan yang bermutu dan berkualitas kepada masyarakat. Pelayanan terbaik bukan hanya untuk ajang penilaian saja, akan tetapi harus terus – menerus memberikan yang maksimal untuk masyarakat. (ta)

Penyunting : wanto

LEAVE A REPLY

two + 18 =