PKM Karangsari Selesaikan Program BIAS

PKM Karangsari Selesaikan Program BIAS

894
0
BERBAGI
Kepala UPT Puskesmas Karangsari, Nurpatmawati.

CIREBON (R) – Program Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) masih berlanjut. Dinas Kesehatan bekerjasama dengan Puskesmas, mendatangi sekolah tingkat dasar se kabupaten Cirebon.

Program ini dilaksanakan berupa pemberian vaksin dengan tujuan mendapat perlindungan dari penyakit infeksi. Sedangkan tujuan pelaksaan BIAS sendiri untuk mengendalikan anak yang terjangkit penyakit Tetanus, Difteri, dan Campak.

Kepala UPT Puskesmas Karangsari, Nurpatmawati mengatakan, program ini telah dilaksanakan dengan baik oleh Puskesmas Karangsari. Kegiatan ini berjalan dengan lancar. Sekitar 27 sekolah dasar telah dilakukan Imunisasi.

“Alhamdulillah program BIAS untuk vaksinasi Campak berjalan lancar. Pihak kami memegang 27 Sekolah dalam waktu 10 hari. Untuk itu kami membagi tim, satu tim terdiri dari 5 orang,” ujarnya.

Baca : Agustus, Dinkes Imunisasi Seluruh Siswa Kelas 1 SD

Dikatakannya, meski berjalan lancar bukan berarti tidak ada hambatan. Pro dan kontra terjadi dari pihak wali murid. Banyak wali murid yang tidak setuju anaknya untuk di Imunisasi. Alasannya pun beragam.

“Menyikapi permasalahan ini, tim dari puskesmas Karangsari melakukan pendekatan langsung dengan cara mendatangi rumah wali murid,” terangnya.

Menurutnya, penolakan itu karena rasa sayang dan khawatir yang lebih dari orang tua. Ada sebagian orang tua yang tidak menyetujui anaknya di Imunisasi. Karena khawatir berdampak buruk pada kesehatan.

“Menyikapi hal ini, kami dari pihak Puskesmas mendatangi langsung kediaman orang tua murid, melakukan pendekatan dan mencari persoalannya. Setelah kami berikan penjelasan dan pengarahan akhirnya orang tua tersebut setuju,” pungkasnya. (if/bah)

Penyunting : wanto

LEAVE A REPLY

4 × three =