Pengacara Sunjaya Absen, Sidang Gugatan Mundur 3 Minggu

Pengacara Sunjaya Absen, Sidang Gugatan Mundur 3 Minggu

698
0
BERBAGI
Proses sidang gugatan Hamzah Haririe melawan Bupati Cirebon dan KPU Kab. Cirebon, hanya dihadiri kuasa hukum tergugat II yaitu kuasa hukum KPU.

CIREBON (R) – Sidang gugatan Sunjaya Purwadisastra, Bupati Cirebon non aktif, melawan penggugat Hamzah Haririe, di Pengadilan Negeri Sumber Kabupaten Cirebon, diundur selama 3 minggu kedepan.

Hal tersebut diucapkan oleh Hakim Ketua PN Sumber, dalam proses persidangan gugatan Perdata antara tergugat I, Sunjaya Purwadisastra, tergugat II KPU Kabupaten Cirebon, melawan penggugat Hamzah Haririe atas dugaan perbuatan melawan hukum, Rabu (31/10/2018).

Dalam persidangan yang dipimpin hakim ketua Setia Sri Mariana SH, mengungkapkan Sidang ditunda selama 3 minggu kedepan, dikarenakan kuasa hukum tergugat I tidak hadir.

“Sesuai dengan SOP beracara dipersidangan, untuk tergugat I maupun kuasa hukumnya, karena berada diluar kota, maka diberi waktu 3 minggu. Jika masih dalam kota, cukup hanya 1 minggu. Itu sesuai dengan SOP,” ujar Hakim Ketua Setia Sri Mariana sebelum menutup sidang.

Sementara itu Hamzah Haririe selaku penggugat, menyerahkan sepenuhnya proses yang berjalan pada pihak peradilan, untuk menjalankan rangkaiannya sesuai dengan peraturan.

“Karena kuasa hukum tergugat I, Bupati Cirebon non aktif tidak hadir, maka persidangan harus ditunda selama 3 minggu. Kami juga turut prihatin atas operasi tangkap tangan yang dilakukan oleh KPK terhadap Bupati Cirebon,” terangnya.

Dikatakan Hamzah, pada persidangan yang digelar PN Sumber agendanya adalah pembuktian baik dari tergugat I, Sunjaya Purwadisastra, Bupati Cirebon non aktif dan tergugat II, KPU Kabupaten Cirebon.

“Kuasa hukum tergugat II, sudah menyerahkan bukti – bukti dalam persidangan. Sementara tergugat I tidak bisa menyerahkan bukti yang diminta. Majelis hakim memberikan kesempatan sampai 3 minggu kedepan untuk menyerahkan bukti – bukti kepada pengadilan,” paparnya.

Berdasarkan pantauan tim Republiqu di lapangan, sejak siang hari sampai persidangan selesai, tidak ada satupun pendukung ataupun simpatisan Bupati Cirebon non aktif, Sunjaya Purwadisastra, maupun kuasa hukumnya yang hadir.

Terlihat dalam persidangan, Ketua KPU Kabupaten Cirebon, Saefuddin Jazuli dan dua komisionernya yaitu, Sopidi dan Husnul Khotimah, juga pengacaranya Adi Candra.

Berbeda dengan persidangan sebelumnya Rabu 23 Oktober 2018 lalu, simpatisan maupun pendukung tergugat I, terlihat hadir memantau jalannya persidangan di PN Sumber. Bahkan kuasa hukumnya Hamdani Manurung SH, juga datang untuk membela kliennya, yaitu tergugat I Sunjaya Purwadisastra.

Diduga ketidakhadiran kuasa hukum tergugat I, Hamdani Manurung SH dan tim, berkaitan dengan operasi tangkap tangan KPK terhadap Bupati Cirebon Sunjaya Purwadisastra, atas dugaan jual beli jabatan, dan sudah ditetapkan sebagai tersangka. (is)

Penyunting : wanto

LEAVE A REPLY

5 × 2 =