Pemkab Cirebon Ikat Komitmen Gerakan Smart City

Pemkab Cirebon Ikat Komitmen Gerakan Smart City

510
0
BERBAGI

CIREBON (R) – Pemerintah Kabupaten Cirebon melalui Dinas Komunikasi dan Informatika, menggelar kegiatan sosialisasi dan penandatanganan komitmen gerakan Smart City, di salah satu hotel di wilayah kota Cirebon, Selasa (6/11/2018).

Dalam kegiatan tersebut dihadiri beberapa kepala OPD pemkab Cirebon, para Camat se-Kabupaten Cirebon dan beberapa tamu undangan lainnya.

Tim pendamping Kominfo, Haryawidi Putra mengatakan, tujuan kegiatan soasialisasi tersebut merupakan rangkuman dari kegiatan bimtek 1 – 4 gerakan menuju 100 Smart Citynya Kominfo.

“Dimana dalam gerakan ini, output utamanya adalah untuk menghasilkan dokumen master plan Smart City. Jadi dengan selesainya kegiatan ini, maka dalam waktu 2 minggu kedepan, kabupaten Cirebon sudah memiliki dokumen master plan Smart City,” jelasnya kepada awak media.

Dirinya menambahkan, keunggulan Smart City sebenarnya konsep utamanya adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan, juga mempercepat akses layanan kepada masyarakat.

“Pada saat yang bersamaan juga, bisa membantu pemerintah daerah dalam mengelola sumberdaya yang ada di wilayahnya. Dalam 5 tahun kedepan, kabupaten Cirebon bisa dipastikan akan bisa meningkatkan pelayananya kepada masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika kabupaten Cirebon, Sugeng Darsono mengatakan, pihaknya merasa bersyukur di tahun 2018 diberi kesempatan oleh Kementerian Kominfo RI, lolos seleksi assestmen 100 Smart City.

“Tentunya ini sudah melalui berbagai tahapan dan di tahapan ini, sekaligus membangun komitmen dengan seluruh SKPD yang ada. Pada bintek yang ke 4 ini, akan menghasilkan master plan yang menjadi acuan bagi pelaksanaan smart city kedepan,” paparnya.

Pihaknya berharap, dengan adanya komitmen bersama seluruh SKPD, semuanya mampu bekerjasama dalam mewujudkan program smart city.

“Smart city bukan hanya tanggung jawab kominfo saja, akan tetapi tanggung jawab semuanya karena menyangkut hajat hidup orang banyak. Memberikan keterbukaan informasi yang seluas-luasnya, untuk masyarakat kabupaten Cirebon,” tutupnya. (ta)

Penyunting : wanto

LEAVE A REPLY

fourteen − 10 =