Pemdes Megu Cilik Bagikan Disinfektan Ke RT RW

Pemdes Megu Cilik Bagikan Disinfektan Ke RT RW

504
0
BERBAGI
Kuwu Megu Cilik, Masna memonitor pelaksanaan penyemprotan disinfektan di sejumlah fasilitas umum seperti Musholla dan Masjid di desa Megu Cilik.

CIREBON (rq) – Penyebaran Coronavirus Desiase 2019 (Covid-19) di negeri ini menjadi perhatian khusus pemerintah. Berbagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungan masyarakat kian menggema.

Tidak hanya pemerintah Kabupaten Cirebon, hal tersebut juga dilakukan pemerintah kecamatan dan desa – desa di wilayah kabupaten Cirebon. Kemudian juga dilakukan pemerintah desa Megu Cilik kecamatan Weru kabupaten Cirebon, Senin (30/3/2020).

Pemerintah desa Megu Cilik, dibantu masyarakat dan babinsa desa setempat, melakukan penyemprotan cairan disinfektan ke beberapa tempat terutama fasilitas umum seperti gedung sekolahan, kantor desa dan sarana ibadah seperti masjid dan musholla yang berada di wilayah desa Megu Cilik.

Kuwu desa Megu Cilik Masna mengatakan, kegiatan penyemprotan tersebut merupakan langkah pemerintah desa Megu Cilik dalam rangka meminimalisir dan memutus penyebaran Virus Corona, juga bertujuan untuk memberikan rasa nyaman kepada masyarakat desa Megu Cilik.

“Untuk kegiatan penyemprotan kali ini difokuskan di tempat – tempat fasilitas umum, seperti gedung desa, musholla, masjid, PAUD dan TPA yang ada di desa kami. Adapun untuk di lingkungan masyarakat dan rumah – rumah warga, kami serahkan kepada masyarakat dan RT RW setempat. Kami hanya memberikan bahan cairan disinfektannya saja serta menyediakan alat semprotnya. Alhamdulillah keesokan harinya penyemprotan disinfektan itu dilaksanakan oleh masyarakat dan RT RW setempat,” terangnya.

Selain kegiatan penyemprotan, menurut kuwu Masna juga dilaksanakan sosialisasi kepada masyarakat terkait Virus Corona. Pemerintah juga meminta kepada masyarakat untuk mematuhi himbauan yang disampaikan pemerintah dan tidak melanggarnya.

“Penyemprotan ini hanya bagian dari proses pencegahan, justru kuncinya ada di tangan masyarakat itu. Kami minta masyarakat untuk mematuhi segala himbauan yang disampaikan oleh pemerintah agar masyarakat dapat terhindar dari penyebaran Virus Corona yang tengah mewabah,” jelasnya.

Ia juga berharap, masyarakat desa Megu Cilik dapat menjaga kesehatannya dengan menerapkan pola hidup sehat dan juga makan – makanan yang bergizi. Menjaga kesehatan lingkungan dan membatasi diri dengan tetap berada di rumah masing – masing. Masyarakat yang baru datang dari perantauan, pihaknya meminta agar dapat melaporkan diri ke RT RW setempat.

“Kami mengharapkan agar masyarakat tetap tenang dan jangan panik, apalagi paniknya berlebihan. Pemerintah tengah berjuang untuk bersama – sama melawan penyebaran virus ini. Patuhi himbauan pemerintah agar penyebaran virus ini dapat ditangkal dan segera berakhir,” ujarnya.

Kuwu juga mengatakan, bagi masyarakat yang baru pulang dari perantauan, baik dari luar negeri maupun luar kota, segera lapor RT RW agar dapat di data dan di pantau kesehatannya.

“Yang utama adalah masyarakat harus dapat menjaga kesehatan diri dan lingkungan masing – masing. Semoga himbauan ini bermanfaat bagi masyarakat desa Megu Cilik,” pungkasnya. (ta)

LEAVE A REPLY

sixteen − 6 =