Pemdes Kanci Kulon Fasilitasi Pembagian BST Kemensos Tahap 3

Pemdes Kanci Kulon Fasilitasi Pembagian BST Kemensos Tahap 3

312
0
BERBAGI
Subandi, Kuwu Kanci Kulon mendampingi masyarakat dalam proses pembagian BST dari Kemensos di Kantor Desa Kanci Kulon.

CIREBON (rq) – Pemerintah Desa (Pemdes) Kanci Kulon, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon membagikan Bantuan Sosial Tunai (BST) tahap 3 kepada 230 KK penerima dari Kementerian Sosial di balai desa Kanci Kulon, Kamis (9/7/2020).

Kuwu Kanci Kulon, Subandi mengatakan, pembagian BST melalui pemerintah desa (Pemdes) merupakan keputusan yang tepat. Menurutnya pada tahap pertama BST dibagikan di kantor Kecamatan, proses pembagian tersebut kerap menimbulkan persoalan, diantaranya jarak yang jauh dan menimbulkan kerumunan massa yang tidak terkontrol dengan baik ditengah pandemi virus Covid-19.

“Kasihan kalau dibagi di kecamatan. Rata-rata penerima bantuan masyarakat lansia, jadi sangat beresiko untuk kesehatan dan keamanannya. Lebih ekonomis, aman, dan praktis  di desa bagi masyarakat,” kata Subandi kepada Republiqu.com disela-sela waktu pembagian berlangsung.

Saat ditanyai terkait bantuan lainnya, Subandi menjelaskan, Bantuan Langsung Tunai dari Dana Desa sejumlah 600 ribu telah dibagikan sebanyak 2 kali dengan berpedoman ķepada aturan pemerintah.

“Saya mengacu pada produk referensi aturan yang mutlak. Saya tidak berani keluar dari koridor itu. Kita hanya menjembatani saja. Kalau masalah kecemburuan masyarakat sudah jelas pasti ada. Kita disini sih tetap berpedoman kepada aturan. Sementara untuk Bantuan Provinsi (Banprov) dan Bantuan Bupati (Banbup) baru dibagikan satu kali,” pungkasnya. (on)

LEAVE A REPLY

2 × one =