Pemdes Kaliwulu Lestarikan Tradisi Sedekah Bumi

Pemdes Kaliwulu Lestarikan Tradisi Sedekah Bumi

554
0
BERBAGI
Kuwu Kaliwulu Muhamad Gonzales Muslimin (tengah)

Cirebon (R) – Dalam rangka menjalin tali silaturahmi antara masyarakat dengan aparatur desa setempat, pemdes Kaliwulu kecamatan Plered kabupaten Cirebon, menggelar kegiatan tasyakuran sedekah bumi, Sabtu (3/11/2018).

Selain bertujuan mempererat silaturahmi dengan masyarakatnya, kegiatan tersebut juga merupakan bentuk rasa syukur kepada sang pencipta atas limpahan rizki yang di berikan kepada masyarakat Kaliwulu.

“Acara ini merupakan tasyakuran pemerintah desa dengan masyarakat, agar silaturahmi antara masyarakat dan pemerintah Kaliwulu semakin erat. Semoga desa kaliwulu menjadi desa yang baldatun toyibatun warobun gofur tidak kurang suatu apapun,” jelas Muhamad Gonzales Muslimin kepala desa Kaliwulu.

Dirinya juga menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin yang telah menjadi tradisi adat masyarakat Kaliwulu secara turun temurun.

“Kegiatan ini sudah ada sebelum saya menjabat dan kami hanya meneruskan serta melestarikan adat tersebut, supaya adat leluhur orang tua kami dapat terus lestari,” tambahnya.

Gonzales juga memaparkan, rangkaian kegiatan sedekah bumi di desa Kaliwulu dimulai dengan acara tahlilan dan pembacaan doa. Kemudian dilanjutkan dengan pergelaran wayang kulit semalam suntuk, dengan lakon babad alas Cirebon.

“Alhamdulillah semua bisa berjalan lancar dan masyarakat bisa menikmati hiburan wayang kulit yang kami suguhkan,” jelasnya.

Dirinya juga berharap, dengan acara tersebut partisipasi peranan dan dukungan masyarakat Kaliwulu dapat lebih ditingkatkan lagi, sehingga mampu bersinergi dengan pemerintahan desa dalam melaksanakan pembangunan.

“Sepintar apapun dan sehebat apapun kami, tanpa peran serta dan dukungan masyarakat sangat mustahil segala program-program pembangunan, dapat berjalan dengan baik dan mendapat hasil yang maksimal. Kami sangat mengharapkan itu,” pungkasnya. (ta)

Penyunting : wanto

LEAVE A REPLY

four × two =