Pemdes Bakung Kidul Lantik 18 Perangkat Desa

Pemdes Bakung Kidul Lantik 18 Perangkat Desa

619
0
BERBAGI
Muspika kecamatan Jamblang bersama pemerintah desa Bakung Kidul usai pelaksanaan pelantikan perangkat desa yang baru.

CIREBON (R) – Pemerintah desa Bakung Kidul Kecamatan Jamblang Kabupaten Cirebon, melantik dan mengangkat sumpah jabatan 18 perangkat desa Bakung Kidul, Sabtu (1/2/2020).

Dalam kesempatan tersebut hadir camat Jamblang, muspika kecamatan Jamblang, BPD desa Bakung Kidul, masyarakat desa Bakung Kidul dan beberapa tamu undangan lainya.

Camat Jamblang, Abadi usai pelantikan mengucapkan selamat kepada perangkat desa Bakung Kidul yang baru dilantik. Ia mengapresiasi kinerja kuwu yang telah melaksanakan tugas dan kewajibannya untuk melantik perangkat desa.

“Kami berharap para perangkat desa yang baru, mampu bekerja secara profesional membantu tugas – tugas kuwu. Jangan sampai sebaliknya, membebankan kuwu,” terangnya.

Bekerja profesional, menurut Abadi adalah melakukan segala sesuatu sesuai dengan tupoksinya masing – masing. Dikatakannya, setiap perangkat desa harus mampu menguasai pekerjaannya sesuai dengan tupoksi. Karena menurutnya, jika perangkat desa tidak mampu menguasai tupoksinya maka bisa dipastikan akan menghambat jalannya roda pemerintahan di desa.

“Diibaratkan seperti pekerjaan asisten rumah tangga, meski tidak membaca dan mempelajari tupoksi kerjanya, tapi dia mampu menjalankan tupoksinya dengan baik. Itupun yang kita harapkan kepada perangkat yang baru ini. Jadi walaupun saat ini belum memahami, ya segera pahami, baca aturannya. Baik tentang UU desanya, aturan pelaksanaannya, baik itu perdanya, perbupnya maupun perdesnya, terkait tugas pokok perangkat,” paparnya.

Ia berharap kedepan, perangkat desa dan kuwu terpilih, mampu bersinergi dan dapat bekerja dengan profesinal, agar dapat meningkatkan kemajuan desanya serta kesejahteraan masyarakatnya.

“Kami berharap, pak kuwu dapat memegang tiga tertib yaitu, tertib perencanaannya, tertib pelaksanaannya dan tertib laporannya. Sehingga kedepan, Bakung Kidul ini bisa lebih maju dan sejahtera. Kami juga ingin kedepan desa Bakung Kidul, mampu menjadi desa wisata,” harapnya.

Sementara itu, kuwu Bakung Kidul Bambang Setiawan mengatakan, ia akan berupaya semaksimal mungkin mendorong para perangkat desa, untuk mampu menciptakan karya dan etos kerja yang baik. Dengan itu ia berharap pembangunan dikerjakan pemerintah desa dapat berkesan dan dikenang.

“Ibarat sebuah pribahasa, harimau mati meninggalkan belang, gajah mati meninggalkan gading, manusia mati meninggalkan jasa, jadi kita dorong perangkat ini menciptakan suatu karya yang nantinya bisa diingat,” jelasnya.

Ia juga menegaskan, perangkat yang baru tersebut harus mampu bekerja secara profesinal, meskipun perangkat tersebut memiliki latar belakang keluarga, kerabat, maupun pertemanan dengan kuwu. Ia berharap perangkat desanya mampu memahami hal itu.

“Meskipun ada kedekatan, saya ingin profesionalitas yang dikedepankan. Sekarang itu era millenial. Sudah tidak ada lagi superman, tetapi sekarang yang ada super tim. Jadi harus ada kerjasama yang baik. Bakung Kidul sendiri kita targetkan jadi desa mandiri, desa digital, desa wisata dan desa eksportir,” tegasnya.

Bambang juga menghimbau kepada masyarakat, untuk terus menjaga ketertiban dan keamanan di lingkungannya masing – masing, agar Bakung Kidul selalu kodusif.

“Kuwu definitif dan kuwu baru telah resmi menjabat, jadi sudah tidak ada lagi kubu – kubuan. Alhamdulillah, semuanya sudah melebur. Mindset kedepan iyalah mendahulukan kepentingan umum diatas kepentingan pribadi. Semoga kita mampu bekerja bersama, untuk membangun Bakung Kidul lebih berjaya, sesuai visi misinya yaitu Jaya Bestari,” pungkasnya. (ta)

LEAVE A REPLY

6 + 17 =