Nadran Suranenggala, Tradisi Sedekah Bumi Para Nelayan

Nadran Suranenggala, Tradisi Sedekah Bumi Para Nelayan

602
0
BERBAGI
Masyarakat Suranenggala antusias mengikuti proses acara nadran.

CIREBON (R) – Masyarakat nelayan kecamatan Suranenggala kabupaten Cirebon, menggelar tradisi nadran atau sedekah laut, Minggu (25/11/2018).

Kegiatan tersebut merupakan bentuk rasa syukur kepada tuhan yang maha esa, atas hasil laut yang selama ini telah di terima masyarakat.

Kegiatan tersebut juga menggambarkan simbol kerukunan masyarakat di kecamatan Suranenggala.

Ratusan masyarakat dengan mengunakan perahu, ikut melarung replika perahu yang berisi hasil-hasil bumi dan juga kepala kerbau.

Camat Suranenggala Indra Fitriani mengatakan, upacara adat nadran di kecamatan Suranenggala diselenggarakan oleh dua desa yaitu, desa Karangreja dan Suranenggala Kulon, serta nelayan dari desa tersebut. Bahkan demi suksesnya acara, nelayan dari desa-desa sekitar wilayah kecamatan Suranenggala, juga ikut berpartisipasi.

“Sebetulnya yang namanya nadran itu, bisa diartikan nadzar dari para nelayan ini sendiri. Karena disebut nadran dan sedekah laut, maka ini merupakan nadzarnya nelayan untuk bersedekah atas hasil laut yang didapat selama ini,” katanya kepada awak media selepas kegiatan nadran.

Camat menjelaskan, dengan adanya kegiatan tersebut, diharapkan mampu menciptakan pemahaman, bahwa segala sesuatu itu atas karunia Tuhan Yang Maha Esa.

“Dengan nadran ini, mudah – mudahan kita hanya meminta kepada Allah SWT, karena kita semua tahu, bahwa tidak ada satupun yang bisa menandingi kekuasaan Allah,” imbuhnya.

Terkait sedekah laut sendiri, Camat menambahkan, merupakan upaya pemilik perahu dalam bersedekah kepada sesama. Dalam hal ini para penumpang perahu yang ikut serta dalam acara tersebut.

“Sedangkan untuk kepala kerbau yang dilarung, itu adalah bentuk sedekah nelayan kepada para penghuni laut, dalam hal ini para ikan dan sejenisnya. Dengan tengkorak yang kuat, diharapkan kepala kerbau tersebut bisa menjadi rumpon untuk para ikan,” pungkasnya. (ta)

Penyunting : wanto

LEAVE A REPLY

thirteen − one =