Milad Desa Pabedilan Kaler Ke-38, Adakan Sedekah Bumi Sampai Sandiwara

Milad Desa Pabedilan Kaler Ke-38, Adakan Sedekah Bumi Sampai Sandiwara

1009
0
BERBAGI
Kuwu Pabedilan Kaler, Casban bersama ibu Kuwu Pabedilan Kaler melaksanakan acara tiup lilin dan potong kue pada acara milad desa Pabedilan Kaler ke 38.

CIREBON (rq) – Memperingati milad yang ke-38 tahun, Pemerintah Desa Pabedilan Kaler Kecamatan Pabedilan Kabupaten Cirebon, menggelar acara secara meriah, Jumat (22/10).

Kuwu Pabedilan Kaler, Casban kepada Republiqu mengatakan, pelaksanaan peringatan milad desa Pabedilan Kaler ke 38 dilaksanakan bertepatan dengan peringatan Hari Santri Nasional tanggal 22 Oktober dan juga masih dalam bulan maulud.

“Peringatan milad desa Pabedilan Kaler ke 38 ini memang sangat spesial. Karena bertepatan dengan peringatan Hari Santri Nasional tanggal 22 Oktober. Sementara rangkaian acaranya sendiri, pagi yaitu acara tasyakuran sekaligus memperingati maulid nabi besar Muhammad Saw,” terangnya.

Dilanjutkan kuwu Casban, untuk acara berikutnya selepas Sholat Jumat yaitu, acara sedekah bumi dan hiburan. Kemudian dilanjut pada malamnya yaitu pengajian umum yang juga dilaksanakan di balai desa Pabedilan Kaler.

“Alhamdulillah antusias masyarakat sangat tinggi sekali. Acara sedekah bumi sendiri diikuti oleh 15 RT dari 3 RW yang menampilkan kreasi hasil buminya masing – masing. Masyarakat yang ikut arak – arakannya juga banyak sekali. Namun kami juga selalu menghimbau untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan,” terangnya.

Setelah acara arak – arakan sedekah bumi, lanjut kuwu Casban, selanjutnya yaitu acara pemotongan kue oleh seluruh jajaran pemerintah desa Pabedilan Kaler bersama dengan masyarakat. Yang kemudian dilanjutkan dengan acara hiburan dan kesenian tradisional.

“Acara hiburannya sendiri ada door prize dengan berbagai macam hadiah mulai dari alat pertanian dan hadiah utamanya yaitu mesin cuci. Sementara hiburan tradisionalnya yaitu mulai dari tari topeng, berokan dan sintren,” jelasnya.

Setelah acara hiburan pun, Kuwu Casban mengatakan bada maghrib akan dilaksanakan acara arak – arakan dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional. Dan pada malamnya dilanjutkan acara pengajian umum.

“Acara pengingatan ini memang di persembahkan khusus untuk seluruh masyarakat desa Pabaedilan Kaler. Karena milad ini memang hajatnya masyarakat Pabedilan Kaler. Terima kasih untuk semua masyarakat yang sudah mensukseskan acara ini,” paparnya.

Sementara untuk esoknya, Sabtu (23/10), menurut kuwu Casban akan dilaksanakan acara hiburan sandiwara siang malam yang dilaksanakan dilapangan desa Pabedilan Kaler. Pihaknya berharap agar semuanya berjalan dengan lancar tanpa ekses sampai dengan selesai.

“Kami memohon doa dan dukungan kepada seluruh masyarakat Pabedilan Kaler, semoga dalam acara peringatan milad desa Pabedilan Kaler ke 38 ini berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana dan tidak ada sesuatu apapun,” harapnya.

Kuwu Casban juga mengucapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh masyarakat desa Pabedilan Kaler khususnya kepada panitia milad, Karang Taruna, para lembaga desa, tokoh masyarakat dan juga LSM GMBI yang sudah membantu terselenggaranya acara ini sehingga bisa berjalan dengan baik dan lancar.

“Alhamdulillah masyarakat dan para lembaga di Desa Pabadilan Kaler bersinergi dengan baik. Sehingga tidak ada hambatan atau kendala apapun, dari mulai persiapan sampai dengan pelaksanaan. Terima kasih untuk semuanya atas sumbangsihnya, terima kasih banyak. Pokoknya Pabedilan Kaler sabisa – bisana kudu bisa,” ungkapnya.

Kuwu Pabedilan Kaler, Casban bersama divisi Pengamanan dan anggota LSM GMBI KSM Babakan – Pabedilan DPD Cirebon Raya.

Sementara itu, Ketua LSM GMBI KSM Babakan – Pabedilan DPD Cirebon Raya, Wantoha, mengapresiasi acara yang diselenggarakan oleh Pemerintah Desa Pabedilan Kaler yang menggelar peringatan milad desa yang ke 38. Semoga dengan terselenggaranya acara tersebut, desa Pabedilan Kaler semakin maju, solid dan sukses.

“Saya secara pribadi maupun lembaga tentunya sangat mengapresiasi acara yang dilaksanakan oleh pemerintah desa Pabedilan Kaler. Terima kasih bapak Kuwu Casban dan seluruh keluarga besar pemerintah desa Pabedilan Kaler, telah perduli dengan hajatnya masyarakat. Semoga kedepan desa Pabedilan Kaler semakin maju, solid dan lebih sukses, amin ya robbal alamin,” pungkasnya. (is)

- Advertisement -