Meski Lebaran, GMBI Cirebon Raya Tetap Bagikan Nasi Kotak

Meski Lebaran, GMBI Cirebon Raya Tetap Bagikan Nasi Kotak

402
0
BERBAGI
Pelaksanaan bantuan program sosial LSM GMBI Berbakti untuk Mengabdi, berbagi untuk sesama.

CIREBON (rq) – Hari kemenangan telah tiba. Bulan suci ramadhan tahun ini telah usai. Ibadah puasa satu bulan lamanya, seperti tak terasa. Cobaan dan ujian ramadhan tahun ini, tak seperti tahun-tahun yang lalu. Situasinya sangat sulit, akibat dampak Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Di hari raya Idul Fitri, Minggu (24/5/2020), LSM GMBI Distrik Cirebon Raya tetap menggelar kegiatan sosial pembagian nasi kotak. Kepedulian sosial LSM GMBI melalui program GMBI Berbakti Untuk Mengabdi, Berbagi Untuk Sesama, rutin dilaksanakan setiap hari Minggu, sejak bulan April 2020 lalu, yang bertempat di Sekretariat Operasinal LSM GMBI Distrik Cirebon Raya KSM Weru Raya, Jalan Fatahilah Kecamatan Weru Kabupaten Cirebon.

Ketua KSM Weru Raya, Abdullah As mengatakan, program kegiatan rutin pembagian nasi kotak tersebut, dilaksanakan bertepatan dengan hari raya Idul Fitri, yang juga jatuh pada hari Minggu, (24/5/2020). Menurutnya, pembagian nasi kotak tersebut, adalah bentuk komitmen LSM GMBI dalam membantu masyarakat ditengah dampak Covid-19.

“Jika bicara hari raya pasti gambarannya, suka cita, kumpul bareng keluarga, makan opor sama ketupat. Umumnya orang pasti seperti itu. Tapi sadar tidak, masih ada saudara-saudara kita yang tidak bisa merasakan itu. Tidak punya keluarga, sanak saudara, penghasilannya serabutan. Apa yang mereka rasakan?,” ujarnya.

Ketua KSM Weru Raya dan juga Koordinator Divisi Nonlitigasi LSM GMBI Distrik Cirebon Raya ini menambahkan, masyarakat yang hidup dibawah garis kemiskinan masih ada. Hanya saja menurutnya, mereka lebih memilih menutup diri dan cenderung tidak bersosialisasi karena keterbatasan yang dimilikinya.

“Orang yang masuk katagori sangat susah tadi, sulit untuk bergaul. Mereka cenderung minder dengan keadaannya. Disinilah tugas kita yang sebenarnya sebagai mahluk sosial. Kita mesti peka dengan sekeliling kita. Mereka butuh bantuan, tapi malu kalau minta-minta,” paparnya.

Pria yang akrab disapa pak guru ini, juga mengungkapkan syukur atas rizki yang telah diberikan oleh sang maha pencipta. Ia juga mengucapkan rasa terimakasihnya kepada rekan-rekan anggota KSM Weru Raya yang terus konsisten ikut membantu pelaksanaan program sosial LSM GMBI.

“Kami bersyukur atas rizki yang Allah swt berikan untuk kami. Saya juga mengucapkan terimakasih banyak kepada rekan-rekan anggota KSM Weru Raya. Meski dalam kondisi lebaran, tetap konsisten, peduli dengan keadaan masyarakat di sekitar kita,” terangnya.

Pak guru Abdullah, merasa tersentuh dengan semangat rekan-rekan anggota KSM Weru Raya. Ia melihat dengan mata kepalanya sendiri, masih banyak masyarakat yang membutuhkan bantuan ditengah pandemi Covid-19 ini. Menurutnya, di suasana lebaran seperti itu, justru masyarakat yang benar-benar membutuhkan nampak terlihat sangat jelas.

“Momen pembagian kali ini menurut saya sangat spesial. Ternyata masih banyak masyarakat yang membutuhkan makanan walaupun suasananya lebaran. Itu berarti masih ada orang disekitar kita yang sangat sulit, walaupun cuma untuk sekedar makan,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Distrik Cirebon Raya, Maman Kurtubi melalui pesan whatsapp berpesan, meminta kepada anggota LSM GMBI Distrik Cirebon Raya untuk terus membantu masyarakat di lingkungannya masing-masing. Menurutnya, tidak akan pernah rugi bagi siapa saja yang senang berbagi kepada sesamanya.

“Saya sangat percaya bahwa janji Allah swt adalah benar. Tidak ada keraguan sedikit pun untuk terus membantu masyarakat yang membutuhkan. Bantulah sesama kita dengan cara yang kita bisa. Teruslah berbuat kebaikan, maka kebaikan akan senantiasa memberikan kemudahan dan kelancaran,” pungkas Maman. (is)

LEAVE A REPLY

7 + 18 =