Kuwu Kedungjaya Minta Pelayanan Capil Ditambah

Kuwu Kedungjaya Minta Pelayanan Capil Ditambah

773
0
BERBAGI

Cirebon (R) – Dalam rangka menyambut hari jadi Kabupaten Cirebon ke 536, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cirebon, menyelenggarakan pelayanan administrasi kependudukan keliling se-kecamatan Kedawung, yang bertempat di balai desa Kedungjaya, Rabu (21/3/2018).

Kuwu Kedungjaya Susilowadi mengatakan, pelayanan administrasi kependudukan yang diberikan, berupa perekaman e-KTP dan pembuatan akta kelahiran gratis, bagi masyarakat di kecamatan Kedawung yang belum memiliki administrasi kependudukan, baik KTP ataupun akta kelahiran.

“Alhamdullilah antusias masyarakat sangat tinggi. Mereka menyambut baik pelayanan keliling kependudukan yang dilakukan oleh dinas terkait. Dengan datang ke desa, masyarakat tidak perlu mengantri terlalu lama dan tidak perlu datang ke kantor Disdukcapil,” terangnya.

Kuwu Kedungjaya Susilowadi menyadari, kebutuhan masyarakat atas kepemilikan e-KTP dan Akta Kelahiran di desanya, masih sangat tinggi. Mengingat dokumen negara tersebut, paling sering digunakan masyarakat untuk mengurus administrasi, baik soal perbankan ataupun pemerintahan.

“Semua masyarakat sudah mengetahui manfaatnya. Terutama KTP, KK dan Akte Kelahiran. Semua saling berkaitan, baik untuk syarat perbankan dan syarat administrasi pemerintahan, seperti perizinan, paspor dan bahkan pendaftaran anak sekolah,” ujarnya.

Namun kuwu Kedungjaya Susilowadi agak sedikit menyesalkan, waktu yang diberikan dinas hanya satu hari. Padahal menurutnya, banyak masyarakat khususnya warga desa Kedungjaya yang belum memiliki e-KTP dan Akta Kelahiran. Oleh sebab itu pihaknya meminta agar waktu pelayanannya ditambah.

“Program pelayanan ini sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Tapi sayangnya waktu yang diberikan oleh dinas cuma satu hari. Saya sebagai kuwu atau kepala desa, tentunya mengharapkan agar pelayanan seperti ini bisa ditambah durasinya, minimal satu minggu dua kali atau satu minggu sekali,” ucapnya.

Dikatakan kuwu Kedungjaya, pemerintah desa sudah mempersiapkan semua fasilitas, sarana dan prasarana, baik ruangan dan meja kantor, untuk memperlancar pelayanan administrasi keliling Disdukcapil ini. Bahkan pemdes Kedungjaya menyiarkan pelayanan keliling tersebut, menggunakan speaker masjid dan mushola kepada masyarakat di wilayahnya.

“Kami pemerintah desa berupaya semaksimal mungkin untuk menyebarkan informasi tersebut kepada masyarakat di Kecamatan Kedawung. Kami juga memanfaatkan pengeras suara di masjid dan mushola untuk memberikan pengumuman,” imbuhnya.

Dengan adanya program pelayanan tersebut, kuwu Kedungjaya Susilowadi berpesan kepada masyarakat, untuk memanfaatkan momen tersebut. Meski waktu yang diberikan hanya satu hari, dirinya berharap semoga dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat.

“Dengan jemput bola seperti ini, jelas sangat membantu masyarakat. Saya berpesan kepada masyarakat bagi yang belum memiliki dokumen kependudukan, untuk segera membuatnya, baik itu e-KTP, KK  dan akta kelahiran. Saya berharap kedepan tidak ada lagi masyarakat yang tidak memiliki e-KTP ataupun Akte Kelahiran di Kabupaten Cirebon,” pungkasnya. (Mud)

LEAVE A REPLY

3 × 5 =