Kuwu Kalisari Diduga Salahgunakan Wewenang Jabatan

Kuwu Kalisari Diduga Salahgunakan Wewenang Jabatan

899
0
BERBAGI
Muspika kecamatan Losari bersama Pengurus DPW LSM BARET Kabupaten Cirebon usai audensi perihal dugaan penyalahgunaan wewenang oleh Kuwu Kalisari, Selasa (7/1/2019).

CIREBON (R) – Menjadi seorang pemimpin tentu tidaklah mudah. Genggaman kekuasaan sudah pasti ada ditangannya. Hal apapun dibawah kekuasaannya, sangat mungkin dilakukan. Inilah yang kemudian menguji keimanan seorang pemimpin, untuk taat pada aturan dan menjahui segala perbuatan yang melanggar hukum.

Di Kecamatan Losari tepatnya di desa Kalisari, sang kuwu atau orang nomor satu pemegang kekuasaan tertinggi di desa tersebut, tengah dipersoalkan kepemimpinannya oleh masyarakat. Pasalnya, masyarakat menduga ada penyalahgunaan kewenangan dan kekuasaan yang diduga dilakukan oleh kuwu desa Kalisari yaitu Humaedi.

Dalam audensi antara pemerintah Kecamatan Losari dan masyarakat yang diwakili DPW LSM BARET Kabupaten Cirebon, Selasa (7/1/2019), LSM BARET menduga kuwu Kalisari Humaedi, diduga telah melakukan perbuatan melawan hukum dengan menyalahgunakan kewenangannya dalam menjalankan roda pemerintahan di desa Kalisari.

Ketua DPW LSM BARET Kabupaten Cirebon, Satori mengatakan, dugaan adanya penyalahgunaan wewenang itu diantaranya adalah dugaan adanya pemalsuan RKPDes Tahun 2018 dan dugaan pengangkatan perangkat desa yang tidak sesuai dengan persyaratan menurut perundang – undangan.

“Dugaan itu berdasarkan laporan dari masyarakat. Bahkan kami sudah mengklarifikasi dugaan tersebut dengan kuwu Kalisari, namun terkesan ditutupi dan ada yang disembunyikan oleh yang bersangkutan. Kami punya semua buktinya,” terang Satori.

Satori mengungkapkan DPW LSM BARET Kabupaten Cirebon, akan segera melaporkan dugaan tindak pidana penyalahgunaan wewenang dan dugaan pemalsuan tersebut ke penegak hukum, agar segera ditindak lanjuti sesuai dengan peraturan dan perundang – undangan yang berlaku.

“Untuk membuktikan dugaan tindak pidana tersebut, kami akan menempuh jalur hukum. Secepatnya kami akan membuat laporan ke pihak yang berwajib untuk segera ditindak lanjuti. Kami akan kawal prosesnya hingga selesai,” pungkasnya.

Sementara itu, Camat Losari Muklas dalam audensi dengan LSM BARET menegaskan, permasalahan tersebut sudah ditindaklanjuti oleh Inspektorat Kabupaten Cirebon dan Komisi Informasi. Ia berharap masalah tersebut segera selesai, agar roda pemerintahan di desa Kalisari bisa terus berjalan tanpa adanya hambatan apapun.

“Kami menyambut baik permintaan audensi LSM BARET perihal dugaan penyalahgunaan kewenangan kuwu Kalisari. Semoga dengan adanya audensi ini, masalahnya menjadi terang dan tidak berlarut – larut,” tukasnya. (is)

LEAVE A REPLY

1 × one =