KNPI Ajak Pemuda Ikut Membangun Cirebon

KNPI Ajak Pemuda Ikut Membangun Cirebon

307
0
BERBAGI
Jajaran pengurus DPD KNPI Kabupaten Cirebon

CIREBON (R) – Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Cirebon menggelar kegiatan KNPI bersholawat, Sabtu (1/2/2020). Melalui acara tersebut, DPD KNPI Kabupaten Cirebon mengajak para pemuda untuk mentauladani kepemimpinan dan akhlak mulia Nabi Muhammad Saw.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Plt. Asisten Daerah I, Sugeng Raharjo, perwakilan TNI dan Polri, Karang Taruna Kabupaten Cirebon, Perwakilan OKP dan ormas di Kabupaten Cirebon serta masyarakat sekitar, juga anggota DPRD Kabupaten Cirebon Yoga Setiawan.

Ketua DPD KNPI Kabupaten Cirebon, Ahmad Gunawan mengatakan, acara tersebut dalam rangka membangun tali silaturahmi antara seluruh jajaran pengurus dan anggota KNPI Kabupaten Cirebon, DPRD Kabupaten Cirebon, serta pemerintah Kabupaten Cirebon, ormas dan OKP juga masyarakat sekitar, serta tokoh kepemudaan Kabupaten Cirebon.

“Dengan kegiatan di awal tahun 2020 ini, mudah – mudahan kepemudaan Kabupaten Cirebon mendapatkan banyak hal – hal yang baik, jalan yang terbaik dan dapat merubah kepemudaan menuju ke arah yang lebih baik,” terangnya.

Ia mengatakan, peran serta pemuda dalam berbagai hal pembangunan di Kabupaten Cirebon, menurutnya belum sepenuhnya dilibatkan, hanya nama – nama personal saja yang ikut terlibat.

“Dalam konteks ini, secara demografis jumlah pemuda usia produktif lebih banyak. Ini tentunya harus mendapatkan porsi yang lebih besar. Mendapatkan peran yang lebih besar dan harus mendapatkan perhatian yang lebih besar. Supaya bonus demografi ini bisa memberikan hal positif dalam pembangunan Kabupaten Cirebon, bukan malah menjadikan musibah untuk Kabupaten Cirebon,” paparnya.

Dirinya juga mengapresiasi dan menyambut baik adanya wacana raperda kepemudaan yang tengah di rancang ole DPRD Kabupaten Cirebon. Ia berharap, dengan adanya raperda tersebut dapat memberikan ruang untuk lebih mengembangkan lagi potensi – potensi pemuda di Kabupaten Cirebon.

“Ini tentu saja menjadi angin segar. Mungkin kedepannya pemerintah daerah dapat melaksanakan kewajibannya yaitu memberdayakan kepemudaan, pembinaan dan pengayoman sampai dengan pelayanan yang lebih baik. Karena payung hukumnya sudah ada,” lanjutnya.

Sementara itu, anggota DPRD Kabupaten Cirebon, Yoga Setiawan mengatakan, KNPI yang sekarang sudah bisa menunjukan esistentinya sebagai lembaga kepemudaan yang ada di Kabupaten Cirebon.

“Ahamdulillah, KNPI yang sekarang bisa menunjukan eksistensinya dibandingkan priode sebelumya, yang tergolong redup, dengan mengadakan kegiatan – kegiatan seperti ini. Saya berharap mudah – mudahan dengan acara ini, KNPI Kabupaten Cirebon kedepan bisa lebih eksis lagi,” ungkapnya.

Ia juga menuturkan, secara pribadi ia sangat mendukung adanya rencana rancangan perda kepemudaan. Menurutnya pada periode terdahulu, rancangan tersebut sudah ada dalam pembahasan. Namun menurutnya, peraturan tersebut belum terealisasi karena ada hal – hal yang belum singkron.

“Yang pasti saya sangat mendukung. Pada periode yang dulu itu sudah masuk, namun mungkin kurang singkronisasi. Dari kawan – kawan KNPI, tidak mau dicampur dengan bidang olahraga artinya bidang kepemudaan dan olahraga inginnya terpisah. Hal ini mungkin perlu ada pengkajian yang lebih lanjut,” tuturnya.

Yoga berharap, pemuda di Kabupaten Cirebon dan seluruh OKP di Kabupaten Cirebon bisa lebih berkarya dan lebih menunjukan lagi eksistensinya. Menurutnya, Kabupaten Cirebon perlu kalangan anak – anak muda, untuk berjalan bersama – sama. Ia mengatakan, pemikiran – pemikiran pemuda masih sangat luwes, sehingga pokok pikiran dan sarannya masih sangat diperlukan oleh pemerintah Kabupaten Cirebon.

“Kita akan terus perjuangkan aspirasi ini. Pemuda harus kita dukung dan harus tetap galak. Artinya kita dorong bersama – sama. Pemerintahan dimanapun, butuh sosok pemikiran pemuda untuk memajukan daerahnya tak terkecuali di Kabupaten Cirebon,” pungkasnya. (ta)

LEAVE A REPLY

11 + 4 =