KH. Said Aqil : HPN Bisa Memajukan Ekonomi Berkeadilan

KH. Said Aqil : HPN Bisa Memajukan Ekonomi Berkeadilan

830
0
BERBAGI

Cirebon (R) – Himpunan Pengusaha Nahdliyin (HPN, red) yang dilahirkan oleh NU, diharapkan mampu membangun perekonomian bangsa Indonesia kedepan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Umum PBNU KH. Said Aqil Siradj, dalam acara pelantikan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Nahdliyin Kabupaten Cirebon, di salah satu hotel di wilayah Kedawung, Sabtu (24/2).

Dalam kesempatan tersebut, KH. Said Aqil Siradj menyampaikan sedikit sejarah lahirnya Himpunan Pengusaha Nahdliyin di kalangan warga NU.

“Himpunan Pengusaha Nahdliyin (HPN) lahir dalam rangka memacu kembali semangat Nahdlatut Tujjar (kebangkitan kaum saudagar/pengusaha) Nahdlatul Ulama, dalam bersaing di berbagai bidang di era ekonomi global,” terangnya.

Dijelaskan KH. Said Aqil, Nahdlatut Tujjar merupakan organisasi yang dibentuk para pengusaha Nahdliyin sebagai bentuk perlawanan atas kolonialisme di tahun 1918. Organisasi tersebut menjadi basis para pengusaha Nahdliyin untuk memperbaiki perekonomian rakyat, yang pada saat itu mulai dikuasai oleh asing.

“Para tokoh NU berfikir untuk membuat suatu organisasi untuk mewadahi potensi besar para pengusaha NU yang tersebar di berbagai tempat dan bidang, agar lebih terkoordinir secara maksimal dan sistematis,” jelasnya.

Dikatakan KH. Said Aqil, tujuan di dirikannya HPN adalah untuk membentuk pengusaha Nahdliyin yang berkarakter kuat, bermartabat, berdaya cipta, dan berdaya saing tinggi serta beretika bisnis Islami, yang profesional demi kesejahteraan umat.

“Saya sangat mengapresiasi pertumbuhan HPN di berbagai wilayah di Indonesia. Khususnya DPP HPN yang di pimpin H. Abdul Khalik, yang telah sukses melahirkan para pengusaha baru. Ini adalah sebuah kemajuan bagi keluarga besar NU,” ujarnya.

Dirinya juga berharap, melalui HPN ini kemajuan perekonomian bangsa Indonesia kedepan dapat dirasakan bukan hanya oleh keluarga besar NU saja, melainkan seluruh lapisan masyarakat dan seluruh bangsa Indonesia.

“Saya yakin dan percaya, dengan bergotong royong, membangun apapun itu akan mudah. Dengan semangat kebangsaan, kekeluargaan, kebersamaan, kemandirian dan keterbukaan, Insyaallah tujuan baik para Pengusaha Nahdliyin yang tergabung dalam HPN, bisa terwujud dan di ridhoi oleh Allah Subhanahuwata’ala, amien,” pungkasnya. (Isno)

Ketua Umum PBNU KH. Said Aqil Siradj menerima cinderamatadari Ketua PC HPN Kabupaten Cirebon H. Ade Dahwani

 

LEAVE A REPLY

19 + twelve =