Ketuk Kaum Atas, GMBI Berbagi Makanan Buka Puasa dan Takjil Gratis

Ketuk Kaum Atas, GMBI Berbagi Makanan Buka Puasa dan Takjil Gratis

1106
0
BERBAGI
Anggota GMBI KSM Weru, membantu pelaksanaan acara berbagi untuk sesama makanan dan takjil gratis menjelang berbuka puasa.

CIREBON (rq) – Marhaban ya ramadhan. Tiga hari sudah umat muslim menjalankan ibadah puasa ditengah pandemi corona. Tidak sedikit masyarakat yang menjalankan ibadah dengan penuh keterbatasan. Situasi sulit yang dihadapi seperti saat ini, masyarakat pun kebingungan memenuhi kebutuhannya.

Demi meringankan sedikit beban masyarakat, khususnya masyarakat kalangan bawah, DPD LSM GMBI Distrik Cirebon Raya berbagi makanan berbuka puasa dan takjil gratis, yang bertempat di Sekretariat Operasional KSM Weru, Minggu (26/4/2020) menjelang waktu maghrib.

Ketua DPD LSM GMBI Distrik Cirebon Raya, Maman Kurtubi mengungkapkan, acara berbagi tersebut bertujuan untuk membantu meringankan masyarakat, khususnya masyarakat bawah dalam memenuhi kebutuhan berbuka puasa. Menurutnya masih banyak masyarakat yang kesulitan memenuhi kebutuhan makan ditengah pandemi Virus Corona sekarang ini.

“Sebagian dari kita mungkin tidak sadar banyak saudara kita yang kesusahan. Ini adalah wujud kepedulian kami LSM GMBI kepada masyarakat bawah. Apalagi bulan puasa sekarang ditengah wabah virus corona, masyarakat yang paling terdampak adalah masyarakat bawah,” ungkapnya.

Maman mengatakan, kegiatan sosial GMBI adalah kegiatan rutin yang sudah dijalankan sejak dulu. Ia mengatakan aksi sosial itu sesuai dengan marwah GMBI untuk mengingatkan kaum atas kepada kaum bawah, supaya merangkul dan menjadikannya sahabat agar tidak terjadi kesenjangan sosial.

“Kami selalu memegang teguh amanah dan marwah GMBI. Tujuannya adalah mengingatkan kaum atas agar peduli terhadap kaum bawah dan menjadikan kaum bawah sebagai teman dan sahabat untuk diangkat harkat dan martabatnya agar tidak terjadi kesenjangan sosial di masyarakat,” paparnya.

Sementara itu, Ketua KSM Weru Abdullah AS menambahkan, bulan ramadan sekarang ini suasananya berbeda dari sebelumnya. Bahkan sebagian daerah, sudah menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Kegiatan berbagi makanan berbuka puasa dan takjil gratis tersebut, menurutnya sebagai bentuk kepedulian GMBI, walaupun baru sebatas memberikan bantuan makan gratis.

“Seperti yang dikatakan Ketua Distrik, situasinya sungguh miris sekali. Bayangkan, komunitas anak jalanan saja masih bisa berbagi ditengah wabah corona ini. Terus bagaimana dengan kepedulian para kaum atas kepada masyarakat yang tidak mampu. Ini harus kita sadarkan. Banyak diantara masyarakat bawah yang butuh bantuan,” ungkapnya.

Abdullah juga mengatakan, dengan semakin banyak yang memberi bantuan, diharapkan tidak ada lagi masyarakat yang tidak bisa makan. Dengan banyaknya bantuan, ia mengharapkan tidak ada lagi masyarakat yang merasakan kesedihan saat menjalankan ibadah puasa ditengah wabah virus corona ini, karena keterbatasan kebutuhan.

“Ini adalah kegiatan rutin setiap bulan rajab dan ramadan. Kami bukannya bermaksud riya dengan mempublikasikan kegiatan ini. Tetapi untuk memotivasi dan mengingatkan kaum atas agar peduli dengan sesama yang kesulitan. GMBI sekali melangkah pantang untuk mundur, apalagi dalam hal berbagi kebaikan,” terangnya.

Abdullah berharap kepada para pengusaha, orang kaya, maupun para pejabat, bisa lebih peduli lagi dengan kesusahan masyarakat bawah. Menurutnya, ditengah wabah virus corona ini banyak masyarakat terdampak yang kesulitan memenuhi kebutuhan hidupnya, khususnya bahan pangan.

“Rasulallah sering kali mengucapkan, bahwa bukanlah umatnya bagi siapa saja yang tidak peduli dengan kesusahan sesamanya. Maka dari itu kami GMBI berusaha untuk terus berbagi dalam kondisi dan situasi apapun. GMBI akan terus berusaha memberikan manfaat bukan hanya untuk diri sendiri, keluarga, tetapi juga masyarakat luas,” pungkasnya.

Sementara itu, Mia selaku pengguna jalan mengatakan, ia merasa senang dengan adanya pembagian makan dan takjil gratis tersebut. Menurutnya bantuan tersebut dapat membantu keluarganya saat berbuka puasa.

“Alhamdulillah ini sangat membantu kami masyarakat yang sedang mencari bahan makanan untuk berbuka puasa. Terimakasih atas perhatian lembaga kepada masyarakat. Semoga ini menjadi berkah untuk lembaga GMBI kedepan,” terangnya.

Ia juga bercerita, kegiatan berbagi makanan gratis itu bukan kali ini saja. Ia melihat kegiatan itu sering dilaksanakan LSM GMBI setiap minggunya dan dilaksanakan secara rutin pada kurun waktu beberapa bulan terakhir ini.

“Saya lihat pambagian ini tidak hari ini saja. LSM GMBI sering membagikan makanan gratis setiap minggunya. Kami masyarakat sangat berterimakasih dengan adanya bhakti sosial ini. Semoga GMBI diberikan kesuksesan selalu dan senantiasa memberikan perhatiannya kepada masyarakat bawah ini,” tutupnya. (is/ta)

LEAVE A REPLY

sixteen − ten =