Kejaksaan Tahan Tersangka SJ Pembeli Traktor Bantuan Kementan

Kejaksaan Tahan Tersangka SJ Pembeli Traktor Bantuan Kementan

301
0
BERBAGI
Tim Penyidik Kejaksaan Negeri Kabupaten Cirebon, menahan tersangka SJ sebagai pembeli bantuan Alsintan Tahun 2018.

CIREBON (rq) – Pasca penetapan status tersangka berinisial SJ dalam kasus penyalahgunaan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) yang bersumber dari Kementerian Pertanian Tahun 2018, Kejaksaan Negeri Kabupaten Cirebon akhirnya melakukan penahanan terhadap tersangka berinisial SJ, Senin (14/9/2020).

Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Cirebon, Setyawan Nur Chaliq SH, MH., mengatakan, pihaknya melakukan penahanan terhadap tersangka berinisial SJ usai yang bersangkutan menjalani pemeriksaan oleh tim penyidik Kejaksaan Negeri Kabupaten Cirebon.

“Hari ini kami memang melakukan pemanggilan tersangka dalam kasus alat bantuan pertanian, yaitu dua traktor yang seharusnya untuk kelompok tani. Namun dibeli dengan memberikan sejumlah uang oleh tersangka ini sebesar Rp 135 juta. Sementara harga traktor sendiri Rp 650 juta. Jadi kita panggil sebagai tersangka, kita lakukan pemeriksaan dan kita lakukan penahanan,” terangnya pada awak media.

Sementara itu, masih menurut Kajari, terkait kerugian negara yang ditimbulkan akibat kasus tersebut, masih dalam penghitungan tim audit dari Inspektorat Kabupaten Cirebon.

Advertorial

“Untuk kerugian, sementara masih di hitung oleh tim auditor dari Inspektorat. Tetapi sementara ini, berdasarkan harga pengadaan dari Departemen Pertanian, sekitar Rp 650 juta. Adapun tersangka yang kami tahan berinisial SJ, yang berprofesi sebagai pengusaha alias swasta,” tuturnya.

Terkait modus tersangka SJ sendiri, Kajari pun menjelaskan, seharusnya bantuan tersebut untuk kelompok tani. Kemudian menurutnya, kelompok tani menghubungi yang bersangkutan (SJ,red) karena tersangka yang lain berinisial P, dari Dinas Pertanian mengharuskan untuk menebus.

“Yang bersangkutan, tersangka SJ kemudian menebus traktor tersebut, kemudian menjualnya. Modusnya itu. Adapun mengenai ada tidaknya keterlibatan pegawai Dinas Pertanian yang lain, faktanya belum kita temukan. Tetapi tetap kita akan lihat faktanya seperti apa,” jelasnya. (ta)

LEAVE A REPLY

four × five =