Kecamatan Plumbon Mulai Salurkan BST Kemensos Ke 2.381 Penerima

Kecamatan Plumbon Mulai Salurkan BST Kemensos Ke 2.381 Penerima

445
0
BERBAGI
Kepala Dinas Sosial Kabupaten Cirebon, Dadang Suhendra (batik), meninjau langsung proses penyerahan Bantuan Sosial Tunai (BST) Kemensos di Kecamatan Plumbon.

CIREBON (rq) – Bantuan Sosial Tunai (BST) Kemensos untuk masyarakat terdampak Covid-19 Kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon, hari ini, Kamis (28/5/2020) mulai dibagikan kepada penerima yang terdata bantuan tersebut.

Dalam pembagian BST Kecamatan Plumbon, hadir pula Kepala Dinas Sosial Kabupaten Cirebon, Camat Plumbon, para kuwu dari 5 desa, Kapolsek Depok, pendamping PKH dan juga petugas TKSK kecamatan Plumbon.

Kepala Dinas Sosial kabupaten Cirebon, Dadang Suhendra bersyukur pembagian bantuan tersebut dapat berjalan lancar. Ia mangaku tahap pertama penyerahan bantuan tersebut, yang berlangsung di kecamatan Talun bisa disaksikan langsung oleh Dirjen Kementerian Sosial.

“Alhamdulillah pembagian ini berjalan lancar. Dari pemantauan kami, di hari pertama pembagian di kecamatan Talun, yang juga disaksikan langsung oleh pak Dirjen Kemensos, juga alhamdulillah lancar,” ujarnya.

Kadinsos mengatakan, walaupun ada sedikit kerumunan, pihaknya menilai hal tersebut masih dalam tahap wajar. Karena menurutnya, setiap warga itu sangat membutuhkan bantuan tersebut. Apalagi  bentuknya adalah uang tunai.

“Kami menghimbau masyarakat penerima bantuan, dapat memanfaatkan bantuan tersebut betul-betul untuk membeli sembako dan kebutuhan pokok hidup lainnya. Bukan untuk belanja yang tidak perlu,” ungkapnya.

Dikatakan Kadinsos, penyerahan bantuan tersebut diharapkan tertib dan mematuhi semua prosedur yang sudah dianjurkan oleh pemerintah. Karena menurutnya, dengan patuh pada standar protokol kesehatan, diharapkan dapat mencegah penularan wabah Covid-19 agar tidak meluas.

“Untuk pengawasan, insyallah di Plumbon ini ada TKSK, ada pendamping desa, pak Camat, pak Kapolsek, sehingga kami yakin bisa mengawasi bantuan ini dan semoga dapat berjalan lancar. Bantuan ini juga rencananya akan berlanjut selama 3 bulan kedepan. Yang terpenting masyarakat tetap patuh kepada pemerintah, dengan menjaga pola hidup bersih dan sehat,” jelasnya.

Dadang juga menambahkan, ada rencana 9 pintu bantuan yang akan diberikan pemerintah. Ia berharap besar, seluruh masyarakat terdampak Covid-19 bisa mendapatkan bantuan secara merata.

“Bansos tunai ini, di kabupaten Cirebon terbagi dua data, pertama dari DTKS dan non DTKS. Semuanya itu ada 58.700 jiwa. Alhamdulillah laporan dari kantor Pos, yang DTKS sudah hampir 95 persen. Sedangkan non DTKS sudah diatas 20 persen,” paparnya.

Kadinsos mengharapkan, mudah-mudahan sampai tanggal 3 Juni nanti, penyaluran tahap pertama semuanya sudah terlaksana.  Karena menurutnya, pencairan tahap ke dua juga, nantinya akan segera dilaksanakan dan di distribusikan kepada para penerima. Itupun, katanya, proses penyalurannya sesuai dengan prosedur yang sudah berjalan.

Sementara itu, Sekretaris Kecamatan Plumbon, Sidik Wibowo mengatakan, jumlah masyarakat penerima bantuan untuk kecamatan Plumbon sebanyak 2.381 KK dari 15 desa yang ada di kecamatan Plumbon. Adapun pembagiannya, kata Sekmat, akan dilaksanakan dalam waktu 3 hari kedepan.

“Alhamdulillah pembagian hari pertama ini berjalan lancar. Rencananya akan dibagikan selama 3 hari. Jadi setiap harinya ada 5 desa, yang masyarakatnya dapat bantuan ini. Semoga betul-betul dimanfaatkan dengan baik dan tepat sasaran, untuk memenuhi kebutuhan pokok. Bukan untuk kepentingan lain,” tutupnya. (ta)

LEAVE A REPLY

fifteen − eight =