Kadinkes : Difteri Mematikan, Kenali Gejalanya

    489
    0
    BERBAGI

    Cirebon (R) – Penyakit difteri adalah salah satu jenis penyakit yang mematikan. Umumnya korban yang terjangkit penyakit ini, tidak sadar telah terinfeksi. Hal tersebut dimungkinkan karena korban tidak mengetahui gejalanya.

    Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, Hj. Enni Suhaeni mengatakan, difteri merupakan salah satu jenis penyakit menular yang menginfeksi saluran pernafasan atas, seperti area kerongkongan dan area hidung.

    “Pada dasarnya difteri gampang sekali menular dan menjangkit siapa saja yang ada di sekitar penderita difteri. Kebersihan lingkungan menjadi salah satu faktor penyebab penyebaran penyakit ini,” kata kadinkes, Kamis (14/12).

    Dikatakannya, sepanjang tahun 2017 ini terdapat 6 kasus difteri di kabupaten Cirebon, dan salah satunya meninggal dunia dikarenakan terlambat mendapat penanganan medis.

    “Penyakit ini tidak bisa diabaikan. Bukan hanya menular tetapi juga berbahaya. Dapat menyerang anak dan juga orang dewasa. Saya berharap masyarakat bisa mewaspadai dan mencegah penularan penyakit ini dengan selalu menjaga kebersihan lingkungan,” imbuhnya.

    Ini gejala difteri yang harus diketahui :

    • Terbentuknya lapisan tipis berwarna abu-abu yang menutupi tenggorokan dan amandel
      • Demam dan menggigil.
      • ‎Sakit tenggorokan dan suara serak.
      •‎ Sulit bernapas atau napas yang cepat.
      •‎ Pembengkakan kelenjar limfe pada leher.
      •‎ Lemas dan gampang lelah.
      •‎ Pilek. Awalnya cair, tapi lama-kelamaan menjadi kental dan terkadang bercampur darah.

    Difteri juga terkadang dapat menyerang kulit dan menyebabkan luka seperti borok (ulkus). Ulkus tersebut akan sembuh dalam beberapa bulan, tapi biasanya akan meninggalkan bekas pada kulit.

    Segera periksakan diri ke dokter jika Anda atau anak Anda menunjukkan gejala-gejala di atas. Penyakit ini harus diobati secepatnya untuk mencegah komplikasi. (Ita)

    LEAVE A REPLY

    4 × two =