Inspektorat : LHP Kanci Kulon Sudah Diserahkan Ke Polresta Cirebon

Inspektorat : LHP Kanci Kulon Sudah Diserahkan Ke Polresta Cirebon

341
0
BERBAGI
Kantor Inspektorat Kabupaten Cirebon yang berlokasi di Komplek Perkantoran Pemerintah Kabupaten Cirebon Kecamatan Sumber.

CIREBON (rq) – Perkembangan persoalan dugaan bagi-bagi dana kompensasi SUTET oleh pemdes Kanci Kulon kini memasuki babak baru. Setelah sebelumnya kuwu Kanci Kulon Subandi, irit bicara. Kini giliran Inspektorat Kabupaten Cirebon yang hati – hati dalam menjawab pertanyaan awak media.

Sekretaris Inspektur Kabupaten Cirebon, Dodi Mulyono didampingi Auditor Heri, kepada Republiqu.com mengaku, inspektorat diminta oleh pihak Polresta Cirebon untuk memeriksa atau mengaudit adanya dugaan penyalahgunaan dana kompensasi desa Kanci Kulon. Laporan Hasil Pemeriksaan tersebut, bahkan menurutnya sudah diserahkan ke Polresta Cirebon sekitar dua minggu yang lalu.

“Kami telah melakukan pemeriksaan atas permintaan dari Polresta Cirebon. Kami juga sudah mengklarifikasi dan kroscek kepada semua pihak yang terkait. Proses pemeriksaan itu sudah lama sejak 2019 lalu. Tapi karena ada Covid-19 jadi semuanya terhambat dan baru bisa diselesaikan sekarang,” jelasnya, Senin, (20/7/2020).

Ia menambahkan, terkait isi materi Laporan Hasil Pemeriksaan Inspektorat tersebut, semuanya terlampir dalam laporan yang dikirimkan ke Penyidik Polresta Cirebon. Terkait apasaja hasil temuannya, Sekretaris Inspektur tak menjelaskan secara rinci.

“Isi LHPnya ya banyak. Ada klarifikasi dari kuwu yang lama, perangkat desa semua yang terkait pokoknya. Tapi semua sudah selesai dan sekarang sudah dilimpahkan ke Polresta Cirebon. Kalau mau tahu perkembangannya, silahkan saja tanyakan ke sana (Polresta Cirebon),” paparnya.

Disinggung mengenai uang kompensasi Sutet tersebut sebesar Rp 534 juta, Sekretaris Inspektur mengatakan sudah ada pengembalian ke Kas Desa Kanci Kulon dan sudah dilaksanakan musyawarah desa (Musdes) ulang untuk diberikan kepada yang berhak.

“Kalau masalah uang, sudah dikembalikan ke Kas Desa Kanci Kulon dan sudah diadakan Musdes ulang. Masalah waktu pelaksanaan musdesnya sekitar akhir 2019 kayanya. Jadi kemungkinan sudah tidak ada kerugian negara. Terkait masalah hukumnya, itu bukan kewenangan kami (Inspektorat). Silahkan tanyakan ke Polres saja,” pungkasnya. (is/ta)

LEAVE A REPLY

11 − 7 =