Inovasi Ridwan Kamil Urai Kemacetan di Tol Bekasi-Jakarta

Inovasi Ridwan Kamil Urai Kemacetan di Tol Bekasi-Jakarta

503
0
BERBAGI

CIKARANG (R) – Kemacetan kota penyangga Ibu Kota, tentu sudah menjadi hal yang lumrah. Padatnya arus mobilitas menuju Jakarta dan jumlah kendaraan roda empat yang terus meningkat, menjadi faktor permasalahan.

Menyikapi persoalan tersebut, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, sudah memikirkan solusi alternatif untuk mengurai masalah macet, yang sering terjadi di Tol Bekasi-Jakarta.

Dalam inovasinya tersebut, Pemerintah Pusat bersama dengan Pemprov Jawa Barat, berencana membangun Inland Waterway Cikarang Bekasi Laut atau Kanal Cikarang.

“Inovasi ini adalah membuat kanal lebar dari laut yang masuk ke daratan agar, kontainer – kontainer bisa diangkut lewat jalur air ketimbang lewat tol menuju Tanjung Priok,” Cuit @Ridwankamil, Jumat (28/9/2018).

Menurutnya, inovasi transportasi jalur air tersebut dapat menekan angka jumlah kendaraan kontainer yang masuk jalur tol. Ada kurang lebih sekitar 4000 truk kontainer yang setiap hari menggunakan jalur tol.

Baca juga : 121 Penyandang Disabilitas Dapat Bantuan Alat

“Ini akan menghilangkan aktivitas 4000 truk kontainer tiap hari yang masuk tol. Semoga inovasi ini menjadi solusi untuk semua pihak,” tulis @Ridwankamil.

Tidak hanya itu, dirinya juga mengharapkan pemanfaatan transportasi air, bukan hanya untuk jalur angkutan barang saja, melainkan dapat dimanfaatkan untuk jalur transportasi angkutan penumpang atau manusia.

“Kanal Cikarang ini sedang di studi. Apakah ini juga bisa sebagai jalur angkutan penumpang manusia, menuju Jakarta. Mohon doanya. Hatur nuhun,” kata @Ridwankamil mengakhiri. (*)

Penyunting : wanto

LEAVE A REPLY

thirteen + 18 =