GRIB Kabupaten Cirebon Gelar Pelatihan Satgassus Angkatan Pertama

GRIB Kabupaten Cirebon Gelar Pelatihan Satgassus Angkatan Pertama

555
0
BERBAGI
Ketua DPC GRIB Kabupaten Cirebon, Edi Sukardi (tengah) bersama pengurus serta anggota Diklatsar Satgassus Angkatan Pertama di Bumi Perkemahan Palutungan Kab. Kuningan Jawa Barat.

Kuningan (rq) – Dewan Pimpinan Cabang Gerakan Rakyat Indonesia Baru (DPC GRIB) Kabupaten Cirebon, melaksanakan Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) Satuan Tugas Khusus (Satgassus), yang dilaksanakan di Bumi Perkemahan Palutungan Kabupaten Kuningan selama tiga hari, Jumat sampai Minggu (14-16 Agustus 2020).

Ketua DPC GRIB Kabupaten Cirebon, Edi Sukardi usai acara penutupan mengatakan, kegiatan Diklatsar tersebut sesuai dengan program DPP GRIB yang mewajibkan setiap anggota baru untuk melaksanakan pendidikan dan pelatihan dasar organisasi kemasyarakatan.

“Sesuai dengan instruksi Ketua Umum GRIB, Bapak H. Hercules Rozario Marshal, setiap anggota baru wajib mengikuti diklatsar, sebagai bentuk pembekalan wawasan dan pengetahuan kelembagaan bagi anggota baru. Minimal setelah pelatihan mereka paham dan mengerti dasar-dasar berorganisasi itu seperti apa,” ujarnya Minggu (16/8/2020).

Edi juga menambahkan, Diklatsar Satgassus tersebut adalah angkatan pertama yang baru dilaksanakan oleh DPC GRIB Kabupaten Cirebon. Ia berharap melalui kegiatan tersebut, para anggota baru bisa lebih mengenal tentang organisasi GRIB supaya bisa lebih mencintai, menghargai serta menjaga nama baik GRIB.

“Satgassus yang pertama ini sengaja di gembleng dengan pemahaman kemiliteran serta wawasan kebangsaan agar lebih bersungguh-sungguh dalam membela kepentingan masyarakat. Anggota GRIB harus siap ditempatkan dalam posisi apapun guna membantu masyarakat, baik dalam kondisi kebencanaan ataupun lainnya,” ucap Edi.

Sementara itu, Wakil Ketua DPC GRIB, Soni mengaku bangga dengan anggota baru yang telah selesai menjalankan Diklatsar Satgassus angkatan pertama yang diselenggarakan selama tiga hari tersebut. Ia berharap ilmu yang didapat selama pelatihan, dapat di implementasikan di lingkungan masyarakatnya masing-masing.

“Dalam pelatihan itu, seluruh anggota GRIB diajarkan untuk saling tenggang rasa, saling tolong menolong walaupun bukan saudara sekandung, apalagi keluarga. Tapi kami, GRIB, berkomitmen untuk dapat terus bermanfaat bagi masyarakat, dimanapun dan kapanpun dalam situasi apapun,” ungkapnya.

Kepada para anggota baru Satgassus GRIB Kabupaten Cirebon, Wakil Ketua berpesan untuk lebih bersemangat lagi dalam menjalankan roda organisasi Gerakan Rakyat Indonesia Baru. Menurutnya, untuk dapat bermanfaat bagi masyarakat luas, perlu adanya soliditas dan kesatuan dalam tubuh GRIB.

“Ibarat pribahasa, satu lidi mudah dipatahkan, tetapi seribu lidi sangat sulit dihancurkan. Seperti itulah kurang lebihnya sebuah organisasi kemasyarakatan. Jika kita lemah akan sulit untuk berjuang. Tetapi ketika kita bersama, tentunya akan menjadi kekuatan yang sulit untuk dikalahkan,” tegasnya.

Sedangkan Sekretaris Jendral DPC GRIB Kabupaten Cirebon, Amal Subkhan menambahkan, melalui Diklatsar Satgassus Angkatan pertama tersebut para anggota baru diajarkan untuk lebih disiplin, kuat dan solid. Ia berharap para anggota yang sudah menjalani Diklatsar, bisa lebih terasah kemampuan intelektualnya dalam membantu setiap persoalan masyarakat.

“Yang dimaksud persoalan masyarakat itu bukan cuma sekedar tenaga saja, tetapi juga terkadang perlu adanya sebuah pemahaman tentang ilmu sosial kemasyarakatan, juga ilmu-ilmu lainnya. Para anggota kita asah nalar berpikirnya, juga ditempa mentalnya supaya siap menghadapi segala persoalan di masyarakat,” tegasnya.

Amal mengucapkan selamat kepada seluruh anggota baru DPC GRIB Kabupaten Cirebon yang telah menjalani Diklatsar Satgassus angkatan pertama. Semoga apa yang sudah diajarkan oleh para instruktur dan pelatih, dapat terus di ingat dan dijadikan bekal dalam amanah organisasi.

“Saya atas nama pribadi dan lembaga, mengucapkan selamat kepada peserta Diklatsar Satgassus angkatan Pertama. Teruslah semangat untuk berjuang. Tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada seluruh pengurus DPC GRIB Kabupaten Cirebon, Panitia Diklatsar, TNI, Polri dan semua yang terlibat dalam acara tersebut, sehingga berjalan lancar dan sukses. Sekali lagi saya ucapkan terim kasih,” pungkasnya. (is/ta)

LEAVE A REPLY

9 − 4 =