Formasi CPNS Pemkab Cirebon Didominasi Guru

Formasi CPNS Pemkab Cirebon Didominasi Guru

1098
0
BERBAGI

CIREBON (R) – Pemerintah Kabupaten Cirebon dalam waktu dekat akan membuka seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk mengisi 475 formasi dan 49 jabatan di lingkungan Pemkab Cirebon.

Formasi tersebut berdasarkan keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MENPAN-RB) nomor 282 tahun 2018 tentang Kebutuhan Pegawai Aparatur Sipil Negara di lingkungan Kabupaten Cirebon tahun anggaran 2018.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Cirebon melalui Kepala Bidang Pengadaan, Pemberdayaan dan Informasi, Novi Hendrianto mengatakan, dari semua formasi yang dibutuhkan, yang paling banyak adalah guru atau tenaga pendidik.

“Lowongan Penerimaan CPNS tahun 2018 yang dibutuhkan pemkab Cirebon adalah formasi tenaga pendidik sebanyak 369, formasi tenaga kesehatan sebanyak 92, dan formasi tenaga teknis sebanyak 14,” terangnya.

Daftar formasi tenaga pendidikan dalam penerimaan CPNS Pemkab Cirebon tahun 2018.

Ia menjelaskan, formasi tersebut untuk mengisi sebagian kekosongan PNS di sejumlah instansi pemerintah seperti, tenaga pendidik, untuk SD dan UPT SMP, tenaga kesehatan pada RSUD Arjawinangun, RSUD Waled dan beberapa UPT Puskesmas, serta tenaga teknis, pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang serta Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan.

“Formasi yang sudah ditetapkan kemudian akan dilakukan seleksi dan tahapan penerimaan. Jika dilihat dari jumlah formasi, untuk tahun 2018 ini memang lebih banyak menerima tenaga pendidik atau guru dan tenaga kesehatan,” paparnya.

Soal mekanisme pelaksanaan, ia menjelaskan, berdasarkan PermenPAN nomor 36 tahun 2018 tentang kriteria penetapan kebutuhan PNS dan pelaksanaan seleksi CPNS tahun 2018, Instansi Daerah wajib mengalokasikan formasi untuk Disabilitas minimal 1 persen, dari total formasi umum dan 5 persen untuk putra putri lulusan terbaik berpredikat cumlaude, dari total formasi umum.

“Selain terbuka untuk umum, seleksi penerimaan CPNS ini, juga memberi kesempatan bagi penyandang disabilitas untuk ikut serta dalam tes seleksi. Dari total seluruh formasi umum, pemkab menyediakan 1 persennya untuk penyandang disabilitas,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, bagi putra putri terbaik Kabupaten Cirebon, dirinya juga mengungkapkan, pemerintah telah menyediakan sebanyak 5 persen dari total formasi umum, dengan syarat sebagai lulusan terbaik berpredikat camlaude.

“Bagi para putra putri terbaik Kabupaten Cirebon, silahkan mendaftarkan diri melalui portal sscn.bkn.go.id atau website resmi bkpsdm.cirebonkab.go.id untuk informasi updatenya silahkan pantau fanspage Facebook BKPSDM Kab. Cirebon,” tambahnya.

Sementara itu untuk lokasi dan tempat pelaksanaan tes seleksi, Novi mengatakan berdasarkan usulan dan penetapan dari BKN bahwa lokasi ujian tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) wilayah Cirebon direncanakan bertempat di Radiant Beber.

“Pak Bupati mengintuksikan untuk mencari tempat yang strategis untuk pelaksaan tes seleksi. Tujuannya untuk menjangkau masyarakat mengikuti tes seleksi baik dari Kab. Cirebon, Kota Cirebon, Kab. Indramayu dan
Kab. Majalengka sehingga pilihan ditetapkan di the Radiant Beber,” pungkasnya. (is)

Penyunting : wanto

LEAVE A REPLY

16 − fourteen =