Ditengah PSBB, GMBI Bersama Kodim 0620 Berbagi Makanan Berbuka Puasa

Ditengah PSBB, GMBI Bersama Kodim 0620 Berbagi Makanan Berbuka Puasa

465
0
BERBAGI
Mahasiswi Asal Aceh Utara, Nurmala Putri bersama anggota KSM Weru membagikan makanan berbuka puasa dalam acara GMBI Berbagi Untuk Sesama.

CIREBON (rq) – Tak terasa ibadah puasa sudah memasuki minggu kedua. Bulan ramadan tahun ini pun terasa berbeda dengan adanya pandemi Covid-19. Ditambah lagi sejak 6 Mei 2020 kemarin, pemerintah Provinsi Jawa Barat, juga Pemerintah Kabupaten Cirebon telah memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Masyarakat pun semakin merasakan dampak dari kebijakan tersebut.

Sadar akan kondisi yang terjadi, Lembaga Swadaya Masyarakat Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (LSM GMBI) Distrik Cirebon Raya, melalui aksi sosial GMBI Berbakti Untuk Mengabdi, Berbagi Untuk Sesama, secara konsisten membagikan makanan berbuka puasa bagi pengguna jalan, yang bertempat di Sekretariat Operasional GMBI Cirebon Raya KSM Weru Raya, Minggu (10/5/2020).

Mahasiswi Teknik Sipil, Universitas Malikussaleh Aceh Utara Lhokseumawe, Nurmala Putri yang ikut dalam kegiatan sosial tersebut mengatakan, ia sangat mengapresiasi kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh LSM GMBI Distrik Cirebon Raya. Pasalnya melalui kegiatan rutin tersebut, justru mampu menarik animo orang banyak bahkan institusi TNI, untuk ikut serta membantu menyumbangkan makanan dalam program berbagi tersebut.

“Sejak minggu kemarin saya ikut dalam kegiatan ini, dampaknya sangat luar biasa. Banyak masyarakat yang sudah mengantri walaupun acara pembagiannya belum dimulai. Apalagi acara pembagian kali ini ada sumbangsih dari TNI. Jadi makin banyak jumlah makanan yang dibagikan,” jelasnya.

Nurmala juga mengatakan, pemberlakuan PSBB di Kabupaten Cirebon tentunya sangat berdampak terhadap pendapatan masyarakat. Tentu menurutnya, hal tersebut juga berpengaruh terhadap daya beli masyarakat, khususnya bahan makanan. Ia menilai aksi sosial GMBI berbagi, sangat membantu mereka yang membutuhkan.

“Ditengah pemberlakuan PSBB ini, masyarakat yang tidak punya pekerjaan tetap, seperti tukang becak, pedagang kaki lima, pedagang asongan, pasti sangat merasakan dampaknya. Bantuan makanan berbuka puasa ini tentu sangat membantu mereka untuk mengisi perutnya yang lapar setelah seharian berpuasa,” terangnya.

Sementara itu melalui pesan Whatsapp, Dosen Pembimbing Program KKN-Covid 19 Universitas Malikussaleh, Yuli Asbar mendukung aksi kemanusian ditengah Pandemi Covid-19 untuk terus digencarkan. Ia mengapresiasi kegiatan sosial yang rutin dilaksanakan oleh GMBI Distrik Cirebon Raya.

“Kegiatan yang memiliki dampak yang positif luas kepada masyarakat hendaknya tetap dipertahankan mengingat masyarakat saat ini sangat kesulitan dari dampak pandemi Corona.” ucap Yuli Asbar, SE., M.Sc selaku dosen pembimbing lapangan untuk program KKN Pencegahan Penyebaran Virus/Penyakit (KKN-Covid19) yang dilaksanakan oleh Universitas Malikussaleh, Aceh Utara.

Terpisah, Ketua Distrik LSM GMBI Cirebon Raya, Maman Kurtubi mengaku kegiatan rutin GMBI Berbagi tersebut adalah bentuk kepedulian GMBI kepada masyarakat. Ia megucapkan terimakasihnya kepada semua yang sudah membantu kegiatan berbagi tersebut. Tak terkecuali kepada Kodim 0620 yang membantu makanan untuk dibagikan dalam kegiatan GMBI berbagi ditengah pemberlakuan PSBB di Kabupaten Cirebon.

“Saya baik secara pribadi maupun lembaga, mengucapkan terimakasih kepada semua yang sudah membantu. Khususnya kepada Kodim 0620 Kabupaten Cirebon yang sudah menyumbangkan makanan untuk dibagikan dalam kegiatan berbagi ini. Semoga apa yang kita lakukan ini mendapatkan ridho dan barokah dari Allah SWT, amin,” pungkasnya. (is/ta).

LEAVE A REPLY

five × 4 =