Dinas Ketahanan Pangan Gelar Bimtek PUPM

Dinas Ketahanan Pangan Gelar Bimtek PUPM

733
0
BERBAGI

Cirebon (R) – Menjamin ketersediaan bahan pangan bagi masyarakat, tengah gencar dilaksanakan oleh Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Cirebon, dengan menggelar berbagai kegiatan, salah satunya adalah Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengembangan Usaha Pangan Masyarakat (PUPM). Acara tersebut dilaksanakan di Aula Dinas Ketahanan Pangan, Selasa (10/4/2018).

Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan, Edi Subandi mengatakan, kegiatan Bimtek PUPM tersebut adalah salah satu upaya Dinas Ketahanan Pangan dalam menjaga ketersedian pangan bagi masyarakat, khususnya di wilayah Kabupaten Cirebon.

“Tujuan dari diselanggarakannya Bimtek PUPM ini adalah untuk menyamakan persepsi, gerak dan langkah dalam melaksanakan kegiatan PUPM, serta meningkatkan pengetahuan dan teknis bagi pendamping gapoktan atau poktan, juga toko tani Indonesia, di gapoktan atau poktan penerima manfaat kegiatan PUPM,” jelasnya.

Dikatakan Edi, peserta kegiatan bimtek pengembangan usaha pangan masyarakat adalah sebanyak 75 orang, yang terdiri dari 17 pendamping dan 17 gapoktan atau poktan penerima manfaat PUPM, tahap penumbuhan 6 poktan atau gapoktan, tahap pengembangan 8 poktan atau gapoktan dan 40 orang perwakilan toko tani Indonesia tahun anggaran 2018.

“Para peserta yang ikut dalam kegiatan tersebut, diberikan pemahaman oleh BKP Kementerian pertanian dan juga DKPP Provinsi Jawa Barat, Bidang ketersediaan dan distribusi pangan. Para peserta diberikan pengetahuan tentang pedoman umum serta teknis pelaksanaan program PUPM,” terangnya.

Dirinya berharap, melalui kegiatan bimtek PUPM tersebut, dapat meningkatkan pengetahuan para pelaku usaha pangan masyarakat, untuk membantu pemerintah dalam menyediakan pangan serta menjaga stabilitas kebutuhan pangan masyarakat agar selalu terpenuhi.

“Peran serta pemerintah dalam kegiatan PUPM ini, hanya sebatas memfasilitasi dan memberikan pengarahan. Oleh sebab itu kami berharap, bagi para pelaku usaha dan poktan atau gapoktan bisa bergandeng tangan untuk mewujudkan Kabupaten Cirebon daulat pangan,” pungkasnya. (NR)

LEAVE A REPLY

nineteen + seventeen =