Di Gempol, Kementan Serahkan Bantuan Ayam Ke RTM

Di Gempol, Kementan Serahkan Bantuan Ayam Ke RTM

645
0
BERBAGI
Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian BPPSDMP Kementerian Pertanian RI, Siti Munifah (kanan) simbolis menyerahkan ayam kepada RTM penerima bantuan.

CIREBON (R) – Program bantuan ayam untuk Rumah Tangga Miskin (RTM) di kabupaten Cirebon, mulai dibagikan kepada pemerimanya.

Untuk tahapan awal, Kementerian Pertanian dibantu Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Cirebon, membagikan 10.400 ekor ayam untuk 208 RTM, warga desa Palimanan Barat kecamatan Gempol kabupaten Cirebon, Sabtu (17/11/2018).

Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian BPPSDMP Kementerian Pertanian RI, Siti Munifah mengatakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu Program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (BEKERJA) kementerian Pertanian di tahun 2018. Dalam progam tersebut terdapat 2 paket pemberian bantuan.

“Paket didalam program BEKERJA itu, setiap rumah tangga miskin yang sudah diverifikasi mendapat bantuan 50 ekor ayam dengan pakan, sampai ayamnya berusia 6 bulan. Kemudian paket pemberian tanaman buah-buahan tahunan, sesuai wilayah itu,” terangnya kepada awak media.

Siti Munifah juga menambahkan, terkait pengawasan program tersebut Kementerian Pertanian bekerja sama dengan barbagai tim di daerah, bekerja sama dengan dinas Pertanian dan juga dinas Ketahanan Pangan.

“Secara teknik kementerian sudah menunjuk penanggung jawab, baik provinsi maupun daerah. Sedangkan untuk pengawalan kesehatannya, ada balai besar kesehatan hewan. Sementara untuk pendampingan di masyarakat, di bantu oleh politeknik pembangunan Pertanian¬† Bogor,” jelasnya.

Ia juga menjelaskan, penerima program bantuan tersebut di kabupaten Cirebon mencapai 4.788 RTM yang meliputi 4 kecamatan.

“Untuk di tahap awal ini, kita bagikan di wilayah kecamatan Gempol. Sedangkan untuk kecamatan Mundu, Babakan dan kecamatan Astanajapura, pembagiannya dilakukan secara bertahap,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Cirebon, H. Muhidin  mengatakan, sebelum pembagian ayam, pihaknya telah membagikan dana untuk masing-masing RTM sebesar Rp 500.000 untuk pembuatan kandang ayam.

“Mengenai kandang ini kan sudah selesai semua. Tinggal sekarang pembagian ayam. Kami targetkan, mudah-mudahan di bulan Desember sudah selesai semua,” terangnya.

pihaknya berharap dengan adanya program dari Kementrian Pertanian, para penerima bantuan dapat menjaga dan memanfaatkannya dengan baik.

“Semoga mereka bisa amanah, sehingga nasib mereka bisa berubah baik ekonominya maupun cakupan gizinya. Sehingga angka kemiskinan di kabupaten Cirebon bisa diturunkan,” pungkasnya. (ta)

Penyunting : wanto

LEAVE A REPLY

4 × 3 =