Devina, Terus Berprestasi Lewat Seni Tari

Devina, Terus Berprestasi Lewat Seni Tari

669
0
BERBAGI
Salah satu penampilan Penari Cilik multitalenta, Devina Azahra.

Cirebon (R) – Tak ada usaha yang sia – sia, seperti itulah semangat yang terus ditunjukkan oleh gadis remaja bernama Devina Azahra.

Gadis remaja yang beranjak dewasa ini adalah bungsu, dari empat bersaudara, pasangan Sumedi dan Ilah Kamila, yang terus menunjukkan bakat dan prestasinya melalui seni tari tradisional.

Ayah Devina, Sumedi mengatakan, pihak keluarga sangat bangga dengan prestasi yang diraih oleh putrinya. Melalui seni tari, sejumlah ajang bergengsi dari berbagai kejuaraan kesenian, berhasil di taklukkan Devina, dengan membawa pulang sejumlah piala.

“Keluarga sangat bangga mas, khususnya saya dan ibunya. Kami selalu mendukung Devina untuk terus berkembang dan berprestasi. Kami terus mengusahakan yang terbaik demi kemajuan Devina,” ujarnya, Rabu (28/2).

Dikatakan Sumedi, bakat menari Devina sudah terlihat sejak kecil. Awal keseriusannya menekuni seni tari, dimulai saat Devina duduk di bangku kelas 4 SD.

“Pertama kali Devina tertarik pada seni tari, saat usianya masih 10 tahun. Saat itu PT. Indocement merekrut Devina, untuk bergabung dalam rumah budaya, yang dikembangkan oleh PT. Indocement tbk. Sejak itu, Devina semakin termotivasi untuk menggeluti seni tari,” ungkapnya.

Melihat ketertarikannya pada seni tari, Sumedi kemudian memasukkan Devina ke Sanggar Tari Purbasari, agar lebih berkembang dan termotivasi dalam menekuni seni tari tradisional Cirebon.

“Setelah bergabung dengan Sanggar Tari Purbasari, kemajuan Devina semakin pesat. Pernah mendapat juara 1 tari Kelana tingkat SD, dua kali juara tari Candra Kirana tingkat SMP se Kabupaten Cirebon, Juara 1 tingkat Kabupaten Cirebon yang diselenggarakan Kodim, terakhir ini juara 1 Candra Kirana tari kreasi yang diselenggarakan Grage City Mall,” terangnya.

Diceritakan Sumedi, dirinya tidak pernah membatasi kemauan dan minat anaknya dalam berbagai hal. Sepanjang pilihannya positif, keluarga akan terus mendukung dan mendorong, agar apa yang menjadi tujuannya bisa tercapai.

“Kami selaku orang tua hanya mengikuti kemauan anaknya. Apa yang menjadi pilihannya, sepanjang itu positif, akan kami dukung dan memberi yang terbaik. Dukungan dan dorongan keluarga, bisa menjadi penyemangat bagi mereka,” imbuhnya.

Tidak hanya di Kabupaten Cirebon, Devina juga pernah mengisi acara di Kediri dalam rangka ulang tahun Gudang Garam group, berkolaborasi dengan sanggar Purbasari Cirebon.

“Kami juga sangat berterimakasih kepada sanggar Purbasari yang sudah mendidik anak kami Devina, untuk terus berprestasi dan berkembang dalam seni tari tradisional. Peran Sanggar Purbasari dalam melestarikan kesenian tari Cirebon sudah tidak diragukan lagi dan harus mendapat apresiasi,” ucapnya.

Kedepan, Sumedi berpesan, Devina bisa terus semangat dalam mengembangkan dan melestarikan seni tari tradisional Cirebon, khususnya tari topeng versi Gegesik. Jangan menyerah dan teruslah berusaha. Dirinya juga berniat untuk melanjutkan pendidikan Devina di SMKI 10 Bandung.

“Kami selaku keluarga hanya bisa berharap, semoga kedepan anak kami Devina bisa mengharumkan nama Kabupaten Cirebon dan melestarikan keseniannya. Kami minta doa dan dukungannya dari semua pihak, semoga bisa terwujud,” harapnya.

Dirinya juga meminta dukungan kepada pemerintah melalui Bupati Cirebon dan dinas terkait, untuk lebih memperhatikan anak – anak berprestasi di Kabupaten Cirebon. Bukan hanya soal kemajuan, tetapi juga tentang melestarikan budaya di masa yang akan datang.

“Kami hanya bisa memohon dan berharap, semoga pemerintah bisa lebih memperhatikan putra putrinya agar lebih berprestasi dan mengharumkan nama kabupaten Cirebon, bukan hanya di Indonesia, tapi juga di mancanegara,” pungkasnya. (Isno)

Kedua Orang tua Devina Azahra, Sumedi dan Ilah Karmila foto bersama usai merima juara lomba tari.

LEAVE A REPLY

15 − two =