Camat Plumbon Deteksi Dini Penyakit Lewat Posyandu

Camat Plumbon Deteksi Dini Penyakit Lewat Posyandu

567
0
BERBAGI

CIREBON (R) – Program pos pelayanan terpadu (posyandu) di tingkat desa, merupakan salah satu program yang sudah menjadi agenda rutin dinas kesehatan, dalam rangka pemantauan tumbuh kembang balita, konsultasi KB serta kesehatan ibu dan anak.

Bidan desa Bode Lor kecamatan Plumbon kabupaten Cirebon Witria mengatakan, posyandu merupakan salah satu tupoksi bidan desa, serta sudah menjadikan agenda resmi yang berkala di setiap bulannya.

“Posyandu di desa ini terbagi di enam titik yang masing-masingnya dilaksanakan rutin pada hari Senin dan Kamis, sehingga tumbuh kembang balita dan ibu hamil serta kesehatan masyarakat dapat terpantau dengan baik,” ungkapnya, Senin (22/10/2018).

Dirinya juga menambahkan, dengan adanya posyandu diharapkan mampu mendeteksi secara dini penyebaran penyakit menular dan permasalahan gizi buruk.

“Disini juga terdapat beberapa program lain selain tadi yang disebutkan, yang intinya mengajak masyarakat hidup sehat. Untuk hal-hal tertentu, kami akan langsung merujuknya ke puskesmas agar dapat tindakan lebih lanjut,” tambahnya.

Sementara itu Camat Plumbon Fery mejelaskan, kegiatan posyandu merupakan kegiatan yang sangat penting untuk masyarakat dalam menyiapkan generasi -generasi bangsa yang kuat dan sehat, serta upaya peningkatan indeks pembangunan manusia.

“Kegiatan posyandu harus dilaksanakan secara rutin dan berkala, karena cakupannya sangat luas, manfaatnya juga sangat jelas, sehingga masyarakat diharapkan dapat memanfaatkannya dengan baik dan maksimal,” jelasnya.

Ia juga menegaskan, pentingnya menjaga kesehatan lingkungan untuk mencegah adanya penyebaran penyakit yang diakibatkan virus ataupun cuaca.

“Di musim peralihan seperti saat ini, masyarakat harus lebih waspada terutama kebersihan lingkungannya, sehingga penyebaran penyakit dapat di minimalisir,” pungkasnya. (ta)

Penyunting : wanto

LEAVE A REPLY

four + 9 =