Bakung Kidul Akui Dampak Covid-19 Hambat Program Pembangunan Desa

Bakung Kidul Akui Dampak Covid-19 Hambat Program Pembangunan Desa

484
0
BERBAGI
Bambang Setiawan kanan, saat survey drainase bersama perangkat desa Bakung Kidul.

CIREBON (rq) – Dampak pandemi virus Covid-19 begitu terasa di Indonesia. Selain kesehatan, berbagai bidang dan kondisi kehidupan masyarakat pun ikut terpengaruh cukup signifikan.
Seperti contohnya yang dialami di Desa Bakung Kidul.

Salah satu desa yang berada di Kecamatan Jamblang, Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat itu, juga harus rela menunda segala kegiatan pembangunan insfrastruktur dan pemberdayaan masyarakat secara maksimal.

Seperti desa-desa lain pada umumnya, desa tersebut juga ikut aktif dalam melawan dan memutus penyebaran virus Covid-19 bersama pemerintah dan unsur-unsur lainnya.

Kepala Desa (Kuwu) Bakung Kidul, Bambang Setiawan mengatakan, saat ini pihaknya masih tetap fokus dalam pencegahan penyebaran dan dampak Covid-19 terhadap masyarakat. Sementara untuk pembangunan dan pemberdayaan, pihaknya memperkirakan bisa perlahan berjalan maksimal di tahun berikutnya.

“RPJMDes kita sebenarnya baru mulai tahun depan, memang dari adanya Covid ini, sangat menghambat pembangunan satu atau dua tahun daripada kondisi normal. Dengan kondisi seperti itu, kita tidak boleh putus asa. Kalau Bakung sebenarnya pengen sesuai dengan strategi dana desa, yang bisa membuat pendapatan desa,” ujar Bambang,(15/7/2020).

Menurut Bambang, semua pagu anggaran akan dimaksimalkan untuk pembangunan insfrastruktur dinamis yang berpontensi memiliki nilai pendapatan untuk desa, serta insfrastruktur dasar, seperti salah satunya perbaikan dan pembuatan saluran pembuangan air limbah (SPAL) rumah tangga atau drainase lainnya. Sehingga dapat menanggulangi kampung kumuh.

“Jadi kedepan kita mengarah kesana. Tadinya ingin ada unsur pemberdayaan yang signifikan. Tapi dalam survey (setelah saya menjabat sebagai kuwu), ternyata banyak insfrastruktur yang masih belum memadai. Tapi insyallah secara bertahap, kami akan memperbaiki demi kemajuan desa kedepan,” pungkas Bambang. (on)

LEAVE A REPLY

5 × three =