53 Posyandu Di Tengahtani Dapat Pelatihan Keterampilan

53 Posyandu Di Tengahtani Dapat Pelatihan Keterampilan

235
0
BERBAGI
Kader Posyandu desa Gesik usai kegiatan pembekalan kader Posyandu tingkat Kecamatan Tengahtani.

CIREBON (R) – Dalam rangka meningkatkan kapasitas kader posyandu, pemerintah Kecamatan Tengahtani Kabupaten Cirebon, mengadakan kegiatan pelatihan kader posyandu tingkat kecamatan Tengahtani, dari tanggal 23 – 24 Januari 2020.

Kegiatan tersebut diikuti seluruh kader posyandu dari masing – masing desa se – kecamatan Tengahtani, yang berlokasi di gor Kigesang desa Gesik kecamatan Tengahtani.

Pendamping kader posyandu tingkat kecamatan Tengahtani, Narini mengatakan, dalam kegiatan pelatihan tersebut para kader diberikan pelatihan tugas pokok kader posyandu, yang ada di masing – masing desa se – kecamatan Tengahtani. Kegiatan tersebut juga merupakan pembekalan untuk para kader posyandu yang baru.

“Setiap ada pergantian kuwu, biasanya juga dibarengi adanya pergantian kader. Jadi perlu adanya penyegaran. Kegiatan itu juga dalam rangka meningkatkan kapasitas kader. Sementara tugas pokok kader, yaitu menunjang atau mengurangi angka kematian ibu dan balita,” ungkapnya, usai penutupan pelatihan kader posyandu Jum’at (24/1/2020).

Narini juga menambahkan, peran serta kader posyandu, menurutnya sangatlah penting. Karena para kader sendiri, memiliki tugas pokok yaitu untuk kesehatan masyarakat, kebersihan lingkungan dan beberapa tugas lainnya. Karena posyandu itu, dari masyarakat untuk masyarakat.

“Kami berharap dengan pelatihan ini, para kader di masyarakat nantinya betul – betul sesuai dengan tugasnya. Terutama tugas pokoknya, sebelum hari pembukaan posyandu. Karena di hari itu, selain melakukan penimbangan balita, posyandu juga memiliki kegiatan multi fungsi atau kegiatan integrasi, contohnya bina keluarga balita, bina keluarga lansia, bina keluarga remaja, seperti sosialisasi narkoba dan masih banyak lagi kegiatan lainnya,” terang Nurini.

Sementara itu, Ketua Pokjana Posyandu kecamatan Tengahtani, Yuyu mengatakan, pemerintah kecamatan merasa bersyukur dengan kegiatan tersebut. Karena menurutnya, pembinaan kader tersebut sangat dibutuhkan untuk kinerja posyandu yang ada di masyarakat.

“Kegiatan ini berupa pembinaan dari instansi terkait, seperti puskesmas, PPKBP3A, PAUD dan leading sektor lainnya seperti instansi kecamatan, ada semua memberikan ilmu pengetahuan dan keterampilan. Sehingga menambah wawasan, serta keterampilan bagi posyandu yang ada di kecamatan Tengahtani yang berjumlah 53 posyandu,” terangnya.

Pihaknya berharap, kegiatan tersebut dapat terus berkelanjutan. Karena hal tersebut sangat bermanfaat untuk meningkatkan pengetauhuan dan keterampilan para kader – kader posyandu.

Senada dengan pemerintah kecamatan, Kuwu desa Gesik Agus Suara mengatakan, pihaknya sangat mendukung adanya kegiatan sosialisasi dan pembekalan terhadap para kader posyandu di wilayah kecamatan Tengahtani.

“Yang jelas, kami mendukung adanya kegiatan seperti ini. Semoga para kader posyandu di Tengahtani khususnya desa Gesik, dapat menerima ilmu – ilmu yang disampaikan. Sehingga hal itu, dapat diterapkan untuk pelaksanaan program, agar kedepan, posyandu kami bisa lebih baik lagi,” pungkasnya. (ta)

LEAVE A REPLY

9 + 14 =