2 Desa Bersatu Helat Acara Ngunjung Buyut Bakung Nyi Mas Pakungwati

2 Desa Bersatu Helat Acara Ngunjung Buyut Bakung Nyi Mas Pakungwati

465
0
BERBAGI
Kuwu Bakung Kidul, Bambang Setiawan dan Bakung Lor H. Watma, Serta Camat Jamblang (Drs H. Abadi M.si )bersama Paguyuban Bala Surang, Usai melakukan pawai obor dan do'a bersama di Kramat Surang.

CIREBON (rq) – Pemerintah Desa (Pemdes) Bakung Kidul dan Bakung Lor bersama Paguyuban Bala Surang serta masyarakat setempat, menyelengarakan acara ngunjung buyut Bakung (Nyi Mas Pakungwati) di Kramat Surang Desa Bakung Kidul, Kecamatan Jamblang, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Kamis (20/8/2020).

Berdasarkan pantauan Republiqu.com, acara bernuansa Adat dan Islami tersebut merupakan acara syukuran tahunan, serta dalam rangka memperingati tahun baru Islam 1 Muharram 1442 Hijriyah, diawali dengan pawai obor yang di bawa ribuan masyarakat setempat mengiringi kepala desa atau kuwu, berjalan kaki dari balai desa menuju tempat sakral tersebut, lalu di akhiri dengan do’a bersama, di mulai dari pukul 19.00 WIB hingga larut malam.

“Ini adalah peringatan tahun baru Islam. Kita laksanakan dengan cara ngunjung buyut dan pawai obor,” demikian di sampaikan Bambang Setiawan Kuwu Bakung Kidul saat persiapan pawai obor berlangsung, kepada Republiqu.com.

Bambang menjelaskan, masyarakat Bakung Kidul dan Bakung Lor mempunyai kebuyutan yang sama, yang mana puluhan tahun lalu ke dua desa tersebut merupakan satu desa yang mengalami pemekaran wilayah pemerintahan, menjadi Bakung Kidul dan Bakung Lor sehingga acara tersebut dilakukan bersama.

“Kita semua kesana, kemudian sampai disana kita melakukan doa dan dzikir bersama, supaya dengan adanya tahun baru hijriyah ini, tahun baru Islam, masyarakat Bakung Kidul khususnya dan masyarakat Bakung pada umumnya, menjadi lebih baik dari yang sebelum-sebelumnya,” kata Bambang.

Menurut Bambang, agenda rutin tersebut akan terus di adakan dengan melibatkan seluruh unsur masyarakat guna menjaga tali persaudaraan, yang mana bisa berpengaruh positif pada pembangungan dan kemajuan desa.

“Kedepannya, mudah-mudahan ini bisa terus di adakan secara rutin untuk memperingati semangat tahun baru Islam. Yang ke dua untuk mempererat silaturahmi antar masyarakat dan juga antar penggerak-penggerak masyarakat, semuanya disini terlibat,” ungkapnya.

Tak lupa, Bambang juga menyampaikan rasa terimakasihnya kepada semua pihak yang terlibat, khususnya masyarakat desa Bakung yang rela menyempatkan waktunya mengikuti serta mendukung acara tersebut.

“Alhamdulillah respon masyarakat sangat bagus. Terbukti banyak yang berpartisipasi. Diperkirakan nanti ribuan masyarakat bisa hadir dan ikut serta dalam kegiatan ini,” katanya.

Ia berharap, dengan adanya acara tersebut masyarakat Desa Bakung bisa semakin guyub dan lebih agamis.

“Kita juga bisa meningkatkan keimanan ketaqwaan kita. Baik dari sisi pemerintahan dan sisi masyarakat, bisa saling bahu membahu untuk mencapai Bakung Kidul yang lebih baik lagi,” pungkasnya. (on)

LEAVE A REPLY

16 − eleven =