Yoga : Gaji Sebagai Dewan Saya Tukarkan Sembako

Yoga : Gaji Sebagai Dewan Saya Tukarkan Sembako

423
0
BERBAGI
Anggota DPRD Kabupaten Cirebon Komisi IV, Yoga Setiawan saat memberikan bantuan sembako bagi masyarakat yang terdampak Corona.

CIREBON (rq) – Dampak Corona kian hari kian terasa. Para pengusaha, ikut terkena imbasnya. Yang paling parah, tentulah masyarakat bawah. Penghasilan tiap hari yang diperolehnya, hampir tak sepadan dengan pengeluarannya. Bahkan untuk sekedar makan pun, banyak yang mengalami kesulitan.

Di situasi seperti inilah, kesadaran dan kepedulian diuji. Rasa empati perlu direalisasi dengan aksi, bukan hanya sekedar teori. Masyarakat butuh makan. Itulah yang menjadi penderitaan. Setiap hari mereka dihantui kecemasan, bagaimana cara mencukupi kebutuhan pangan.

Sadar akan kondisi itu, hati seorang Yoga Setiawan pun tergetar. Penderitaan yang dialami masyarakat, seolah tergambar jelas dalam renungannya. Sebagai anggota DPRD Kabupaten Cirebon, ia rela menyisihkan sebagian pendapatannya, untuk sekedar meringankan beban penderitaan masyarakat kecil.

Kepedulian tersebut, Yoga aplikasikan dalam bentuk pemberian paket sembako. Sebanyak 200 paket sembako, ia bagikan langsung kepada masyarakat. Terutama pedagang kaki lima, pedagang kecil, tukang ojek serta para tukang becak di wilayah kecamatan Sumber, Weru dan kecamatan Plered, Kamis (16/4/2020).

Usai kegiatan, anggota DPRD Kabupaten Cirebon, Yoga Setiawan mengatakan, kegiatan tersebut adalah bentuk kepeduliannya kepada masyarakat kecil yang terdampak langsung wabah virus Corona. Ia bisa memahami dan ikut merasakan apa yang dirasakan masyarakat kecil, di situasi seperti saat ini.

“Alhamdulillah pembagian 200 lebih paket sembako dan masker, berjalan lancar. Tidak ada yang rebutan. Sasarannya tukang becak, tukang ojek dan para pedagang kecil di wilayah Sumber, Weru dan Plered. Kenapa memilih mereka, karena merekalah yang betul – betul merasakan betapa sulitnya mencari nafkah di tengah – tengah wabah Virus Covid 19 ini,” katanya.

Yoga juga menjelaskan, terkait pembagian sembako tersebut kedepan akan terus diupayakan olehnya, sampai dengan penanganan wabah virus tersebut selesai. Adapun sumber anggarannya adalah berasal dari sebagian gajinya, sebagai anggota DPRD Kabupaten Cirebon.

“Ini semua merupakan implementasi janji saya di media sosial yang akan menggunakan sebagian gaji saya sebagai anggota dewan, untuk membantu masyarakat terdampak covid. a
Alhamdulillah saya sudah melaksanakannya. Mudah – mudahan saya bisa komitmen dan terus berjalan sampai penanganan covid ini selesai,” jelasnya.

Ia juga berencana akan melakukan pengawalan terkait adanya wacana bantuan baik dari pemerintah pusat, provinsi, pemerintah Kabupaten Cirebon serta bantuan yang bersal dari dana desa kepada masyarakat terdampak Covid – 19. Ia juga menghimbau kepada masyarakat, agar dapat mentaati himbauan yang dicanangkan pemerintah, terkait penanggulangan Covid – 19.

“Kami selaku DPRD akan terus mengawal guliran dana bantuan wabah Covid – 19, baik dari Provinsi Jawa Barat yang rencananya kepada 14 ribu KK, dari pemkab Cirebon ada 11.500 KK serta dari dana desa. Sementara dari pusat, kami belum tau. Disini juga saya menghimbau kepada masyarakat untuk membatasi diri, tidak keluar rumah kalau memang tidak urgent. Semoga apa yang saya berikan dapat bermanfaat bagi masyarakat,” pungkasnya. (ta)

LEAVE A REPLY

14 + four =