Pencanangan Wilayah Bebas Korupsi di Lingkungan PN Sumber

Pencanangan Wilayah Bebas Korupsi di Lingkungan PN Sumber

316
0
SHARE
Ketua PN Sumber Kabupaten Cirebon, Muhammad Djamir SH., MH bersama Forkopimda usai penandatanganan WBK dan WBBM di lingkungan PN Sumber.

CIREBON (R) – Pengadilan Negeri Sumber Kabupaten Cirebon, melakukan pencanangan pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) di lingkungan Pengadilan Negeri Sumber Kelas 1B, Senin (28/1/2019).

Dalam kesempatan tersebut, juga dilakukan penandatanganan fakta integritas yang ditandatangani oleh seluruh unsur Forkopimda Kabupaten Cirebon dan juga beberapa tamu undangan lainnya, sebagai simbol dukungan dan di mulainya zona integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani.

Kepala Pengadilan Negeri Kabupaten Cirebon, Muhamad Djamir, SH. MH, usai kegiatan mengatakan, pembangunan zona integritas merupakan tindak lanjut atas surat edaran Mahkamah Agung tentang larangan adanya pungutan apapun, di lingkungan Pengadilan Negeri di seluruh Indonesia.

“Disini sudah berdiri yang namanya program Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Sehingga seluruh akses perkara yang masuk dan surat-surat yang masuk, semuanya terfokus dalam pelayanan ini. Jadi tidak ada lagi yang masuk ke ruangan – ruangan untuk melakukan pertemuan – pertemuan dengan siapapun. Semuanya terfokuskan pada pelayanan satu pintu ini,” katanya kepada awak media.

Diterangkannya, melalui pencanangan zona integritas tersebut, diharapkan dapat berkompetisi dalam program WBK dan WBBM yang diselenggarakan oleh KEMENPAN RB.

“Sedangakan untuk menunjang hal tersebut, kami telah menyiapkan tim IT yang nantinya menangani berkas – berkas perkara yang masuk secara elektronik. Baik perkara perdata, maupun pidana. Semuanya bisa di cek dalam website kami,” ungkapnya.

Disinggung mengenai pencapaian Pengadilan Negeri Sumber, ia mengatakan, PN sumber telah mendapatkan berbagai pencapaian prestasi, baik dari pemecahan perkara maupun di tingkat akreditasi.

“Di bulan Oktober kemarin, kami berhasil memecahkan 900 poin ke atas, yang berarti bintang lima. Kemudian kami juga mendapatkan Akreditasi A excellent dan yang sekarang kami lakukan yaitu sistem elektronik indeks kepuasan masyarakat non manual, tetapi sudah berbasis elektronik,” tambahnya.

Sementara itu Ketua DPRD Kabupaten Cirebon H. Mustofa menambahkan, zona Integritas Pengadilan Negeri Sumber sendiri, di lingkungan Muspida merupakan yang kedua, setelah sebelumnya Polres kabupaten Cirebon melakukannya.

“Ini sangat baik dan mudah – mudahan nanti di lingkungan Pemda Kabupaten Cirebon akan melakukannya juga. Karena ini sangat bagus dalam meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat, serta meningkatkan kinerja pegawai di lingkungan Pemda Kabupaten Cirebon,” pungkasnya. (ta)

Penyunting : wanto

LEAVE A REPLY

fifteen − fourteen =