Waspada Banjir, Sungai Di Suranenggala Banyak Yang Dangkal

Waspada Banjir, Sungai Di Suranenggala Banyak Yang Dangkal

453
0
BERBAGI
Salah satu sungai di wilayah Kecamatan Suranenggala yang mengalami pendangkalan.

CIREBON (R) – Sedimentasi beberapa sungai di wilayah kecamatan Suranenggala kabupaten Cirebon, mulai menuai masalah. Semakin dangkalnya dasar sungai, membuat nelayan kebingungan. Pasalnya sungai – sungai tersebut, merupakan jalur lalu – lalang perahu nelayan, untuk menuju kelaut Cirebon.

Camat Suranenggala Indra Fitriani membenarkan persoalan tersebut. Menurutnya, permasalahan sendimentasi di beberapa sungai yang melintas kecamatan Suranenggala, sudah terjadi dalam beberapa tahun belakangan ini.

“Memang beberapa sungai sudah mulai ada pendangkalan. Ini jelas mengganggu mobilitas para nelayan kami. Tak sedikit baling – baling perahu nelayan nyangkut di lumpur maupun sampah. Jelas ini bisa membahayakan untuk mereka,” ungkapnya, usai acara Nadran, Minggu (25/11/2018).

Dijelaskan Camat, berbagai upaya sudah dilakukan pemerintah dan masyarakat kecamatan Suranenggala untuk menanggulangi masalah tersebut. Namun sampai saat ini, belum ada realisasi dari pemerintah pusat maupun daerah.

“Kami sudah melakukan koordinasi dengan berbagai pihak, baik BBWS maupun Kementerian Pertanian dan Kementerian PUPR, namun realisasi normalisasi dan penyedotan lumpur beberapa sungai, yang katanya dilaksanakan tahun ini, nyatanya belum terwujud,” ujarnya.

Camat menjelaskan, permasalahan pendangkalan sungai, diakibatkan karena lumpur dan juga sampah yang terbawa oleh arus sungai. Ia menduga sampah tersebut dibawa oleh arus sungai dari hulu sampai ke hilir.

“Selain lumpur juga ada sampah yang terbawa arus ke sini. Bahkan kami pernah menemukan pulau sampah, yang terbawa arus. Bahkan bisa di naiki manusia. Saking tebalnya sampah. Kemudian kami dibantu masyarakat, berupaya menghalau dan melakukan pengangkatan sampah itu,” jelasnya.

Camat berharap, permasalahan pengendapan dan sendimentasi sungai di wilayahnya, dapat segera di selesaikan, baik oleh Pemerintah Pusat ataupun BBWS Cimanuk Cisanggarung.

“Kami harap pemerintah, segera melakukan tindakan normalisasi sungai di wilayah kami. Karena ini sudah mengkhawatirkan. Sementara kepada masyarakat, tolong jangan membuang sampah di sungai, karena bisa menimbulkan banjir di wilayah kami,” pungkasnya. (ta)

Penyunting : wanto

LEAVE A REPLY

2 × 5 =