Warga Sutawinangun Mengadu Ke Bupati

Warga Sutawinangun Mengadu Ke Bupati

1642
0
SHARE
Kelompok masyarakat Sutawinangun yang mengadukan dugaan kecurangan dan money politic pada pemilihan kuwu desa Sutawinangun kecamatan Kedawung kabupaten Cirebon.

CIREBON (R) – Pasca penandatangan petisi penolakan hasil pemilihan kuwu (Pilwu) desa Sutawinangun kecamatan Kedawung, sekelompok masyarakat Sutawinangun mengadukan dugaan kecurangan kepada Bupati Cirebon. Salah satu yang diadukan adalah dugaan adanya politik uang, untuk memenangkan salah satu calon kuwu dengan imbalan uang.

Sukron Wahidin selaku masyarakat Sutawinangun mengatakan, selain melaporkan ke Bupati Cirebon. Pengaduan tersebut juga disampaikan ke Camat Kedawung, Kesbangpol, DPMPD dan Polres Cirebon. Menurutnya, dugaan ada money politik itu didapat dari keterangan masyarakat yang mengetahui adanya pembagian uang, untuk memilih salah satu calon kuwu.

“Kita sebagai masyarakat Sutawinangun, sudah melaporkan dugaan indikasi kecurangan Pilwu Sutawinangun. Terutama terkait dugaan adanya politik uang. Ini sudah kami laporkan dari mulai Desa, Kecamatan, Kesbangpol, DPMPD, Panwas, Bupati Cirebon dan Polres Cirebon,” ungkapnya.

Ia menegaskan, penggunaan politik uang dalam pelaksanaan pemilihan umum maupun pemilihan kuwu, merupakan tindakan yang dilarang dalam pemilu. Menurutnya, peraturan perundang – undangan sudah jelas melarang politik uang dalam pelaksanaan demokrasi bernegara.

“Kita meminta pemerintah, melalui Kesbangpol, Bupati serta yang lainnya, untuk segera menindaklanjuti laporan kami. Perihal politik uang, sudah tertuang jelas dalam KUHP pasal 149 ayat 1 dan 2. Sanksi pidananya itu ada. Kami sebagai masyarakat Sutawinangun, ingin segera permasalahan ini diselesaikan. Apalagi kemarin sudah ada kesepakatan seluruh calon kuwu, untuk tidak menggunakan politik uang,” tegasnya.

Sukron juga menambahkan, pihaknya akan terus mendorong permasalahan tersebut sampai tuntas. Ia dan timnya mengaku siap membuktikan dugaan kecurangan itu. Ia meminta pemerintah tegas untuk membatalkan pemenangan salah satu calon kuwu Sutawinangun yang terindikasi dugaan money politik.

“Kami akan terus mengawal dan memonitor permasalahan ini, agar tidak berhenti di tengah jalan. Masyarakat sudah berkomitmen agar masalah ini diselesaikan secara tuntas. Setuntas – tuntasnya. Ini kami lakukan karena kami ingin mendapatkan seorang pemimpin yang benar – benar bersih dari kecurangan dan money politic,” pungkasnya. (tim)

LEAVE A REPLY

5 × one =