UNBK Beban Baru Wali Murid, Sarpras SMPN 2 Sedong Tak Memadai

UNBK Beban Baru Wali Murid, Sarpras SMPN 2 Sedong Tak Memadai

242
0
BERBAGI
Teten Sutendi (Kepala SMPN 2 Sedong Kabupaten Cirebon).

CIREBON (rq) – Berlakunya sistem Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) kerap menimbulkan berbagai polemik. Dengan adanya sistem tersebut, sekolah harus bisa menyediakan sarana dan prasarana (Sarpras) berupa komputer dan kelengkapannya untuk siswa ujian.

Di SMPN 2 Sedong, Kecamatan Sedong, Kabupaten Cirebon, guna memaksimalkan pelaksaan UNBK, melalui komite sekolah, mampu memiliki 120 buah komputer tanpa bantuan dari pemerintah.

Namun sangat disayangkan, bantuan tersebut diduga merupakan hasil pemungutan dari orang tua siswa/wali murid.

Teten Sutendi S.Pd, Kepala SMPN 2 Sedong kepada media mengatakan, pihaknya membenarkan bantuan tersebut merupakan bantuan dari orang tua siswa.

“Kalau ulangan di sekolah lain, kan anak stres. Contoh, kita nginduk di Bina Warga. Dari sini kesana ongkosnya berapa. Bukan cuma itu saja, persoalannya disana juga belum tentu semua komputernya bisa maksimal saat digunakan,” ujarnya, Rabu (17/06/2020).

Teten mengaku, saat ini karena tidak ada pelaksanaan UNBK, bantuan dari orangtua siswa digunakan untuk membuat teralis dan peningkatan daya listrik dari 1300watt ke 7700watt, serta untuk pemasangan jaringan internet/wifi dan pendiringin ruangan.

Selain itu, pihaknya berharap DPRD Kabupaten Cirebon lebih memperhatikan pendidikan di Kabupaten Cirebon, sehingga segala persoalan bisa terselesaikan dengan baik.

“Kami berharap para legislator yang membidangi dunia pendidikan untuk sering turun ke lapangan dan menyerap aspirasi dari warga sekolah. Karena kami merasa dibenturkan dengan masyarakat saat meminta sumbangan,” pungkasnya.

Sementara itu, salah satu wali murid yang meminta namanya di rahasiakan kepada media mengatakan,  ia mengeluhkan adanya biaya  tersebut.

“Saya diminta untuk membayar ujian komputer mas. Padahal kan saat ini tidak ada ujian,” ucapnya singkat. (on)

LEAVE A REPLY

three × five =