TP PKK Astanajapura Bagikan 370 Paket Bantuan

TP PKK Astanajapura Bagikan 370 Paket Bantuan

413
0
BERBAGI

Cirebon (R) – Musibah banjir yang merendam beberapa desa di wilayah Kecamatan Astanajapura beberapa waktu lalu, direspon secara cepat oleh Tim Penggerak PKK Kecamatan Astanajapura, dengan membagikan sejumlah bantuan kepada para korban, Senin (19/2).

Ketua TP PKK Kecamatan Astanajapura, Rita Susana Supriyanti mengatakan, PKK merupakan bagian dari masyarakat, yang tugasnya telah diatur sesuai dengan 10 program pokok PKK. Kepedulian kepada masyarakat adalah salah satu tugas pokok PKK dalam menjalankan kewajibannya untuk mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat.

“Bantuan yang kami berikan adalah salah satu bentuk aksi kepedulian terhadap para korban bencana banjir. Dari sebelas desa yang ada di wilayah kecamatan Astanajapura, 5 desa diantaranya terendam banjir dan yang cukup parah terjadi di desa Japura bakti dan desa Japura Kidul,” ujarnya.

Dikatakannya, Kader PKK di masing – masing desa berkoordinasi dengan pihak pemerintah desa, untuk mengumpulkan bahan makanan seperti mie instan dan kebutuhan pokok lainnya, untuk diserahkan kepada korban bencana banjir di sejumlah desa di wilayah kecamatan Astanajapura.

“Semua bantuan yang terkumpul disatukan dan dikemas per paket. Totalnya ada 370 paket yang di bagikan ke 5 desa yang dianggap mengalami musibah banjir yang cukup parah. Dan bantuan pakaian masih layak pakai dari pihak Hyundai, juga dibagikan kepada para korban banjir melalui kader PKK,” terangnya.

Ditambahkan Ketua PKK Astanajapura, beruntung musibah banjir tersebut tidak terjadi terus menerus di wilayah kecamatan Astanajapura. Justru yang sekarang ini, wilayah kecamatan Ciledug yang mengalami musibah banjir, bahkan kondisinya lebih parah dari musibah banjir yang terjadi di wilayah kecamatan Astanajapura.

“Kami prihatin atas bencana yang terjadi di wilayah kecamatan Ciledug. Kami juga selalu berkoordinasi dengan pak Camat Astanajapura, untuk selalu memantau perkembangan kondisi di lapangan. Jika nanti terjadi banjir lagi, semua harus siap siaga mengurangi dampak yang ditimbulkan. Tapi kami berharap musibah itu jangan terjadi lagi,” terangnya.

Dijelaskannya, kedepan kader PKK siap berkolaborasi dengan tim Tagana kecamatan untuk diberikan pembekalan terkait tanggap darurat kebencanaan. Sehingga kedepan kader PKK, bukan hanya menguasai program PKK saja, melainkan bisa sedikit membantu korban bencana.

“Saya berharap PKK bukan hanya sebatas kader yang mengurusi soal pemberdayaan saja. Jika dalam keadaan darurat dibutuhkan, kader PKK siap untuk membantu masyarakat dengan segala kemampuan dan keterbatasannya.  Minimal, tanggap soal kebencanaan dengan membantu menghilangkan trauma bagi para korban,” ujar Rita.

Atas terjadinya musibah banjir tersebut, dirinya menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk bersama – sama menjaga lingkungan, agar dapat meminimalisir bencana yang terjadi di kemudian hari.

“Menjaga lingkungan harus menjadi prioritas. Bencana yang timbul mungkin karena dampak sebuah perjalanan kehidupan. Karena kita tidak bisa lepas dari alam. Semua yang kita gunakan saat ini, semuanya berasal dari alam. Jadi sudah sewajarnya kita menjaga alam, agar tidak rusak dan menimbulkan bencana bagi manusia,” paparnya.

Dirinya berharap, pengelolaan lingkungan bisa dijalankan oleh semua pihak, bukan hanya pemerintah. Kesadaran akan lingkungan harus dimulai dari hal yang kecil, salah satunya adalah pengelolaan sampah.

“Sampah itu selalu menjadi persoalan yang besar ketika tidak ditangani dengan baik. Kita harus sadar, semua punya tanggungjawab atas kebersihan lingkungan. Sampah yang menumpuk dan tidak dikelola secara baik, juga akan merusak lingkungan,” imbuhnya.

Dirinya juga berpesan, pemerintah bersama dengan stakeholder terkait dan juga masyarakat, harus bergandeng tangan, untuk memperbaiki alam yang sudah mulai mengalami kerusakan.

“Pemerintah menyediakan infrastruktur, masyarakat harus bisa menjaga. Jangan mendirikan bangunan diatas sempadan jalan ataupun sempadan sungai, karena dapat menghambat saluran. Infrastruktur harus sesuai dengan fungsinya. Supaya bisa memberi manfaat bagi masyarakat luas,” pungkasnya. (Isno)

Rita Susana Supriyanti Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon

LEAVE A REPLY

5 × 3 =