Desa Akan Diperkuat Tangkal Peredaran Narkoba

Desa Akan Diperkuat Tangkal Peredaran Narkoba

300
0
SHARE
Pj. Bupati Cirebon Dicky Saromi terus membangun sinergitas bersama TNI dan Polri dalam penanganan narkoba.

CIREBON (R) – Peredaran dan penyalahgunaan Narkotika, merupakan ancaman serius bagi bangsa. Banyaknya penduduk dan luasnya wilayah, membuat Indonesia menjadi salah satu pangsa pasar tersendiri, peredaran benda haram ini.

Berbagai upaya pun sudah dilakukan pemerintah. Mulai dari menjatuhkan hukuman berat bagi para pengedar, maupun para pemakai narkoba. Upaya pencegahan juga gencar dilakukan, baik di tingkat pusat maupun tingkat daerah.

Sadar akan dampak dan bahayanya, pemerintah kabupaten Cirebon juga serius melakukan penanganan dan pencegahannya. Pj Bupati Cirebon, bersama unsur Forkopimda dan BNN Kabupaten Cirebon, serta unsur TNI dan POLRI, melaksanakan rencana aksi nasional pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran barang haram narkotika tersebut, dengan meluncurkan program “BERSINAR” yang artinya bersih dari narkotika, Selasa (18/12/2018).

Melalui program tersebut, diharapkan akan mampu mencegah peredaran penyalahgunaan narkotika, di tingkat lingkungan masyarakat. Pasalnya, dalam program tersebut, rencananya akan melibatkan berbagai pihak, mulai dari Babinsa, Babin Kamtibmas, aparatur sipil desa, serta masyarakat desa akan dilibatkan dalam hal ini.

Pj Bupati Cirebon, Dicky Saromi usai acara mengatakan, program Bersinar tersebut ujung tombaknya adalah di desa. Desa juga akan melibatkan berbagai unsur, termasuk TNI dan Polri. Masyarakat juga menjadi elemen penting dalam mencegah peredaran penyalahgunaan narkotika.

“Ini perlu kita gulirkan, karena wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengaka dan Kuningan, merupakan wilayah tertinggi korban penyalahgunaan narkotika di Jawa Barat,” katanya.

Ia menambahkan, dalam upaya memerangi penyalahgunaan narkoba, dibutuhkan peran serta bersama. Pasalnya peredaran narkoba bisa masuk kapan saja dan dimana saja.

“Kita melihat ini harus jadi prioritas dan fokus bersama, dalam upaya pengendalian dan pencegahan peredaran penyalahgunaan narkotika di Kabupaten Cirebon. Dengan program bersinar yang di gawangi BNN, ujung tobaknya itu di desa. Karena desa sangat dekat dengan kehidupan masyaraat. Disitulah yang nantinya akan kita perkuat,” pungkasnya. (ta)

Penyunting : wanto

LEAVE A REPLY

nineteen − 7 =