Sungai Kedungpane Penuh Sampah, Kedungjaya Waspada Banjir

Sungai Kedungpane Penuh Sampah, Kedungjaya Waspada Banjir

557
0
BERBAGI

CIREBON (R) – Tumpukan sampah yang berada di aliran sungai sekuler Kedungpane desa Kedungjaya kecamatan Kedawung kabupaten Cirebon, semakin mengkhawatirkan.

Selain volume sampah yang semakin banyak, bau yang ditimbulkan juga dirasakan sangat mengganggu masyarakat. Baik penguna jalan, maupun masyarakat yang berada di bantaran sungai tersebut.

Kuwu Kedungjaya Susilowadi mengatakan, keberadaan sampah di sepanjang sungai Kedungpane, sebagian ditimbulkan dari sampah kiriman dan juga masyarakat luar yang membuang sampah sembarangan.

“Berbagai upaya sudah kami lakukan dengan melakukan beberapa kali pengangkatan sampah. Namun kami kecewa, sampai saat ini belum ada tindakan nyata dari dinas -dinas teknis terkait yang berwenang mengatasi permasalahan ini,” paparnya.

Ia menambahkan, jika persoalan ini tidak segera diselesaikan, pihaknya khawatir akan menimbulkan dampak negatif lain, mengingat musim penghujan akan segera tiba.

“Kami khawatir sampah akan terbawa aliran sungai dan dapat menimbulkan banjir. Pasalnya kemarin beberapa wilayah kami juga mengalami kebanjiran,” jelasnya.

Selain itu Camat Kedawung Hermawan menuturkan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait, untuk permasalahan sampah di sepanjang sungai sekuler Kedungpane tersebut.

“Beberapa pihak sudah kami koordinasikan, baik BBWS maupun Dinas LH serta dinas PUPR kabupaten Cirebon. Bahkan sudah ada peninjauan langsung kesungai itu. Sekarang tinggal kita tunggu realisasinya seperti apa,” jelasnya.

Pihaknya juga berharap, agar permasalahan sampah di sungai tersebut, segera dilakukan pengangkatan. Agar tidak kembali menimbulkan musibah banjir, di wilayahnya.

“Ini harus secepatnya direalisasi agar Kedawung tidak banjir lagi. Masyarakat juga harus sadar diri, untuk tidak membuang sampah di sungai. Karena itu sebagian upaya merawat sungai,” pungkasnya. (ta)

Penyunting : wanto

LEAVE A REPLY

fourteen − 9 =